SOLOPOS.COM - Lokasi gempa Banten Sabtu 28 November 2015 (@BMKG)

Gempa bumi terjadi di Pandeglang, Banten.

Solopos.com, BANTEN — Gempa Banteng dirasakan warga yang berdomisili di Jakarta dan hampir semua wilayah Jawa Barat (Jabar).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akun Twitter Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat @BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,6 SR, gempa terjadi pada pukul 21.47 WIB. Lokasi gema bumi di 7.32 LS, 105,81 BT atau sekitar 77 kilometer tenggara Pandeglang-Banten. Kedalaman gempa 75 kilometer.

Ekspedisi Mudik 2024

Netizen baik di Facebook dan Twitter diramaikan dengan kicauan gempa Banten. Bahkan hastag #Gempa  dan #5,6 menjadi salah satu jajaran trending topic Twitter.

“Iya teh barusan ada gempa,daerah bandung kerasa banget gempa nya,pusat gempa dari pelabuhan Banten,” tulis akun Twitter @dininuraisah57.

Sementara Antara melaporkan, warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, berhamburan ke luar rumah karena beberapa detik merasakan getaran gempa sekitar pukul 21.49 WIB.

“Kami sekeluarga keluar rumah karena merasakan getaran gempa,” kata Uni, warga Dukuh Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu.

Dia mengatakan, getaran begitu keras dan meski beberapa detik sangat menakutkan karena bisa saja merobohkan rumah yang terbuat dari dinding bambu.

Karena itu, ia dan keluarga terpaksa ke luar rumah demi keselamatan. Namun, beruntung getaran gempa tidak berlangsung lama.

Begitu pula, Samsiah, warga Komdik Kelurahan Rangkasbitung Timur Kabupaten Lebak berlarian ke luar rumah karena getaran gempa.

“Kami saat itu sedang menonton tayangan televisi, tiba-tiba gempa dan segera berlarian ke luar rumah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya