SOLOPOS.COM - Ilustrasi (AFP)

Ilustrasi (AFP)

PORT MORESBY- Gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) menggoyang wilayah Papua Nugini. Tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan berarti akibat gempa ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau US Geological Survey (USGS) mencatat, gempa ini terjadi sekitar 62 km dari wilayah Goroka yang ada di sebelah timur dan sekitar 324 km dari Port Moresby, ibukota Papua Nugini. Pusat gempa berada di kedalaman 105 km.

Ekspedisi Mudik 2024

“Gempa yang terjadi pada kedalaman lebih dari 100 km tidak akan menimbulkan kerusakan apapun. Tidak ada drama,” ujar ahli gempa dari GeoScience, Dan Jack, seperti dilansir oleh AFP, Kamis (22/3/2012).

“Gempa terasa di Port Moresby, tapi hanya gemuruh saja,” imbuhnya.

Sedangkan Wakil Direktur Port Moresby Geophysical Observatory, Chris McKee menjelaskan, gempa ini dirasakan cukup luas. Namun karena terjadi di kedalaman yang sangat dalam maka dampaknya tidak akan terlalu signifikan.

“Gempa dirasakan secara luas di wilayah Papua Nugini, tapi karena berada pada lokasi yang sangat dalam jadi tidak akan menimbulkan kerusakan parah,” jelasnya.

Wilayah Papua Nugini tergolong sering dilanda gempa bumi. Sebabnya, negara ini terletak pada wilayah ‘cincin api Pasifik’ yang menjadi pusat wilayah seismik akibat gesekan antar lempengan tektonik. Pada tahun 1998 lalu, tsunami besar terjadi di wilayah Aitape yang ada di wilayah pantai barat laut dan menewaskan 2 ribu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya