Gempa Banten Terasa di Solo, Kursi SGM Bergetar Pengunjung Auto-Balik

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Gempa bermagnitudo 6,9 Skala Richter yang terjadi di Banten, Jumat (2/8/2019) malam, terasa hingga ke berbagai wilayah. Gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 19.03 WIB dan sempat dinyatakan berpotensi menimbulkan tsunami tersebut membuat masyarakat panik.

Buktinya, beredar foto viral pengunjung Solo Grand Mall yang memutuskan pulang beberapa menit setelah merasakan guncangan gempa bumi Banten. Foto viral unggahan pengguna akun Facebook Furi Mujtahid yang dibagikan ulang pengelola akun Instagram @jelajahsolo memperlihatkan antrean kendaraan di parkiran sepeda motor Solo Grand Mall (SGM).

Menurut Furi Mujtahid, sejumlah pengunjung Solo Grand Mall berlarian pulang setelah merasakan gempa bumi. Kursi-kursi di lantai III Solo Grand Mall ikut bergetar akibat gempa bumi yang berpusat di Banten tersebut.

“Pengunjung Grandmall berlarian pulang karena Gempa Banten terasa di lantai 3. Kursi-kursi bergetar. Semoga semua selamat dan sehat selalu, amin,” tulis Furi Mujtahid sebagai keterangan foto yang dikomentari netizen.

Furi Mujtahid menyertakan foto kondisi parkiran sepeda motor SGM dengan sederet pengedara yang antre membayar karcis. Foto viral itu pun membuat netizen ragu jika gempa bumi di Banten benar-benar terasa sampai Solo, Jawa Tengah.

Meski ada yang meragukan, tak sedikit pula netizen yang kala itu berada di Solo Grand Mall membenarkan kepanikan yang terjadi saat gempa bumi. Guncangan tersebut membuat pengunjung Solo Grand Mall panik dan memilih bergegas pulang.

Kirain tadi ada artis kenapa kok pada lari turun. Pas tahunya gempa langsung panik juga dan cepat keluar. Merinding lama banget,” komentar @bie32.

Aku tadi habis dari sana. Sebenarnya tidak terlalu terasa. Tapi karena pada lari malah ikutan panik,” imbuh @anggitaherasta.

“Saya juga sempat merasakan tadi jam 19.10. Saya posisi di rooftop Paragon. Saya di dalam mobil. Mobil terasa digoyang-goyang, padahal angin cuma kecil lumayan lama,” komentar @fabidin_.

Sementara dikabarkan Solopos.com sebelumnya, peringatan dini tentang tsunami dicabut oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sekitar pukul 21.35 WIB. BMKG menyatakan ada tiga daerah yang dinyatakan Siaga tsunami, yaitu Pandeglang bagian selatan, Pulau Panaitan Pandeglang, dan pesisir selatan Lampung Barat.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.