SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google.img)

Ilustrasi (google.img)

AMBON- Gempa tektonik berkekuatan 5,0 skala richter (SR) menguncang Kota Ambon dan sekitarnya, provinsi Maluku pada Selasa (20/3/2012) subuh, sekitar pukul 05.00 WIT tidak menimbulkan kerusakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Benny Sipolo, di Ambon, Selasa (20/3) siang, mengatakan, berdasarkan pemantauan lapangan dan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat ternyata gempa yang pusatnya 3.60 Lintang Selatan – 128.68 Bujur Timur tidak mengakibatkan kerusakan.

Begitu pun gelombang pasang (tsunami) yang sering diresahkan warga akibat genmpa tektonik juga tidak terjadi karena kedalamannya di 417 KM di bawah laut.

Guncangan gempa juga tidak dirasakan warga kota Ambon karena jaraknya 52 KM arah Timur Laut ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Hanya saja, Benny memastikan pemantauan intensif dilakukan guna mengantisipasi gempa susulan maupun peristiwa serupa terjadi di daerah lainnya di Maluku.

“Maluku termasuk daerah rawan gempa di Indonesia sehingga pemantauan intensif dilakukan guna mengantisipasi korban dalam jumlah besar sekiranya guncangannya berkapasitas besar maupun kemungkinan terjadi tsunami,” tandasnya.

Maluku terakhir diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,1 SR di kabupaten Maluku Barat Daya pada 15 Maret 2012, sekitar pukul 19.28 WIT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya