SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wellington--Gara-gara gempa bumi, rel kereta api mengalami deformasi. Rel yang tadinya lurus jadi berkelok-kelok seperti spagheti.

Hal ini terjadi di Selandia Baru. Sang fotografer mengatakan rel yang berkelok-kelok itu sepanjang 2 mil, berada di dekat Christchurch.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Blogger dari Himpunan Geofisik Amerika Dave Petley menjelaskan deformasi rel itu, yang menghubungkan Canterbury dengan pantai barat South Island, karena gempa 7,1 skala richter.

“Tekanan sangat kuat yang diterima rel ketika titik lemah ditemukan, mengacu pada perbandingan kecepatan deformasi untuk membentuk geseran di rel kiri. Kondisi ini lantas mengkonsentrasikan tekanan di kedua sisi rel sehingga terbentuk tikungan,” jelas Petley.

Perbaikan pun dilakukan hanya pada bagian rel yang berkelok-kelok itu dengan rel baru. Panjang relnya 2 meter lebih pendek dari rel lama.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya