SOLOPOS.COM - Penyerahan donasi dari calon jemaah haji kepada Yayasan Solopeduli (Istimewa/Solopeduli)

Sejumlah calon jemaah haji asal solo menyalurkan bantuan untuk korban gempa Aceh lewat Solopeduli.

Solopos.com, SOLO – Gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh awal Desember 2016, lalu mengundang perhatian publik. Pasalnya, gempa berkekuatan 6,5 SR itu telah merobohkan ratusan bangunan yang membuat puluhan ribu warga mengungsi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peristiwa tersebut membuat ribuan masyarakat dari berbagai kalangan berlomba-lomba mengumpulkan donasi demi meringankan penderitaan masyarakat Aceh atas bencana alam tersebut. Seolah tak ingin ketinggalan,  para calon jemaah haji yang akan berangkat pada 2017 asal Kota Solo pun turut memberi bantuan untuk korban gempa di Pidie Jaya, Aceh.

Melalui Yayasan Solopeduli Ummat, mereka menyalurkan dana sebesar Rp10,1 juta. Penyerahan donasi tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan masik haji yang dilakukan oleh para calon jemaah, Rabu (28/12/2016), di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Laweyan, Solo. Bantuan itu  diserahkan oleh Muhammad Ahyar, salah seorang perwakilan peserta manasik haji dan Umi Hanif, Ketua Peranan Wanita IPHI Solo kepada Tugiman, Direktur Pelaksana Yayasan Solopeduli Ummat.

Ketua panitia masik haji IPHI 2017, Zainal Abidin Zein mengatakan sebenarnya para jemaah dan panitia manasik haji hanya mengumpulkan dana sebesar Rp6,1 juta. Sementara pihak Divisi Peranan Wanita IPHI Solo mengumpulkan donasi sebesar Rp4 juta. Sehingga, total dana yang terkumpul senilai Rp10,1 juta.

Selain peserta manasik haji, acara penyerahan donasi itu turut dihadiri oleh Subari, ketua IPHI Kota Solo dan Mulyanto Utomo, Dewan Pembina Yayasan Solopeduli Ummat. Penyerahan donasi melalui Yayasan Solopeduli Ummat itu membuat Tugiman merasa amat senang. Ia kemudian mengucapkan terima kasih lantaran merasa mendapat kepercayaan penuh dari para calon jemaah haji.

“Terima kasih kepada seluruh donatur atas amanah yang diberikan kepada Solopeduli. Seluruh donasi akan segera kami salurkan untuk para korban gempa di Aceh,” tutur Tugiman. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya