SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Gempa 8,1 SR mengguncang Meksiko dan menewaskan lima orang. Kejadian ini juga memicu tsunami kecil di pesisir Pasifik.

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Survei Geologi AS (USGS) melaporkan, gempa berkekuatan 8,1 Skala Richter (SR) di pantai selatan Meksiko dikabarkan telah menewaskan lima orang. Adapun gempa tersebut telah memicu terjadinya tsunami kecil dan merusak beberapa bangunan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam laporan terbarunya, Lembaga Survei Geologi AS (USGS) gempa tersebut jauh lebih kuat daripada gempa dahsyat pada 1985 yang meratakan kota Mexico City dan membunuh ribuan orang. Pusat gempa saat ini ada pada kedalaman 43 mil dan berada sejauh 54 mil (87 km) di barat daya kota Pijijiapan di negara bagian Chiapas, Meksiko dengan kedalaman 43 mil.

Gubernur Chiapas Manuel Velasquez mengatakan tiga orang dilaporkan tewas di wilayahnya. “Sementara itu dua orang lagi tewas di negara tetangga Tabasco,” ujarnya seperti dikutip Reuters, Jumat (9/8/2017).

Menurut, Pacific Tsunami Warning Centre, gempa tersebut dilaporkan memicu gelombang setinggi 2,3 kaki (0,7 m) di Meksiko. Laporan itu juga mengebutkan, gelombang tsunami yang berbahaya diperkirakan akan muncul dalam tiga jam di sejumlah kawasan pesisir Pasifik dan beberapa negara Amerika Tengah, termasuk Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama dan Honduras, dalam waktu tiga jam.

Namun, menurut US Tsunami Warning System tidak ada ancaman tsunami bagi kawasan Samoa dan Hawaii. Kewaspadaan pun muncul di negara lain seperti Filipina yang berada sejauh 14.000 km dari pusat gempa Meksiko.

Badan Bencana Nasional Filipina menempatkan pasukannya di seluruh wilayah pesisir timur untuk bersiaga. Tidak ada evakuasi yang dilakukan, namun warga diminta memantau siaran radio darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya