SOLOPOS.COM - Peta wilayah Afghanistan (aljazeera.com)

Gempa Afghanistan mengakibatkan 56 orang tewas.

Solopos.com, KABUL – Gempa berkekuatan 7,5 skala Ritcher (SR) melanda wilayah timur laut Afganistan, Senin (26/10/2015) dan mengguncang wilayah Pakistan serta India. Sedikitnya 56 orang tewas dalam bencana itu.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Sebanyak 17 korban tewas berasal dari Afganistan sementara 36 lainnya datang dari Pakistan. Pusat gempa berada sekitar  254 kilometer timur laut Kabul dengan kedalaman 213 kilometer.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana di Provinsi Takkar, Afghanistan, Abdul Razaq Zinda, sepert dilansir Reuters mengatakan setidaknya 12 pelajar tewas saat berdesak-desakan untuk keluar dari ruangan di sekolahnya menyusul gempa. “Mereka tewas terinjak-injak,” tuturnya.

Guncangan kuat juga terasa di wilayah utara India dan Pakistan. Gedung-gedung bergoyang dan ratusan orang berhamburan keluar. “Kami sangat takut. Kami melihat orang-orang meninggalkan gedung.” kata seorang jurnalis,  Zubair Khan, dari Swat Valley, Pakistan.

Guncangan juga terasa kuat di Provinsi Chitral, Pakistan. Polisi setempat, Shah Jehan, mengungkapkan 11 orang tewas akibat gempa. “Kami tidak dapat terhubung dengan orang-orang di daerah terpencil karena saluran komunikasi terganggu. Korban tewas tak menutup kemungkianan bertambah,” tambahnya.

Korban lain berasal dari Kota Peshwar. Selain merenggut sedikitnya satu nyawa, gempa juga mengakibatkan 150 orang terluka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya