SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

(detik)

GUATEMALA--Kawasan lepas pantai Guatemala, Meksiko dan El Salvador dilanda gempa cukup kuat 7,4 SR. Akibat gempa itu, sedikitnya 39 orang tewas dan 155 warga lainnya terluka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kantor berita AFP, Kamis (8/11/2012), menyebutkan selain menewaskan sekitar 39 orang dan melukai 155 lainnya, gempa juga menghancurkan puluhan rumah.

“Kita harus meratapi kematian 39 orang. Ini adalah sebuah tragedi,” kata Presiden Guatemala Otto Perez kepada wartawan saat mengunjungi daerah bencana.

Sebelumnya korban tewas sebanyak 10 orang.

Gempa yang cukup kuat itu juga memicu peringatan tsunami sehingga membuat pemerintah setempat harus mengevakuasi penduduk. Sebanyak 131 rumah juga telah rata dengan tanah, dan sebanyak 73.000 rumah harus mengalami mati listrik. Diperkirakan jumlah korban masih akan terus bertambah.

Pemerintah setempat juga telah membangun 11 penampungan sementara untuk menampun sekitar 800 orang.

Gempa terjadi Rabu (7/11/2012). US Geological Survey (USGS) menyebutkan gempa terjadi pada 1635 GMT dengan kedalaman 41,6 km, sekitar 24 km sebelah selatan Champerico, Guatemala dan 163 km sebelah barat daya Guatemala City .

Dinas Seismologi Meksiko menyebutkan tujuh gempa susulan terjadi di sekitar 68 km sebelah barat daya Ciudad Hidalgo di negara bagian Chiapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya