SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Alaska (Solopos.com)–Gempa besar melanda Samudera Pasifik sekitar 172 km sebelah timur Atka, Alaska. Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) ini berpotensi menimbulkan tsunami di daerah-daerah pantai Alaska.

Gempa pertama terjadi di kedalaman sekitar 40 km. Tak lama kemudian gempa kedua berkekuatan 7,2 SR terjadi di daerah yang sama dengan kedalaman yang sama. Demikian disampaikan badan Survei Geologi AS.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Peringatan tsunami saat ini diberlakukan dan mencakup daerah-daerah pantai Alaska mulai Unimak Pass, Alaska (80 mil timur laut Dutch Harbor) hingga Amchitka Pass, Alaska (125 mil sebelah barat Adak),” demikian pernyataan badan Pusat Peringatan Tsunami Alaska dan Pantai Barat seperti dilansir Reuters, Jumat (24/6/2011).

Disebutkan bahwa gempa bumi dengan kekuatan sebesar ini dikenal bisa menimbulkan tsunami. Jika tsunami terjadi, gelombang tsunami pertama-tama akan mencapai Adak, Alaska pada Kamis, 23 Juni pukul 20.12 waktu setempat.

Dengan peringatan tsunami ini berarti semua penduduk pantai yang masuk dalam wilayah peringatan tsunami, yang berada di dekat pantai atau wilayah-wilayah dataran rendah harus segera pergi ke daerah yang lebih tinggi dan menjauh dari pelabuhan dan teluk.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya