SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Gempa bermagnitude besar kembali mengguncang wilayah Indonesia Minggu (7/7/2019) malam ini. Kali ini gempa mengguncang wilayah bagian utara Laut Banda, tepatnya berpusat di barat daya Ternate, dengan magnitude 7,0 skala Richter.

Gempat 7,0 SR itu mengguncang kawasan tersebut pada pukul 22.08.42 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut berpusat di kedalaman 36 km dan berpotensi menimbulkan tsunami.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“#Pemutakhiran,Peringatan Dini Tsunami di SULUT, Gempa Mag:7.0, 07-Jul-19 22:08:42WIB, Lok:0.54LU,126.19BT,Kdlmn:36Km#BMKG,” demikian bunyi keterangan tertulis di akun Twitter @infobmkg, Minggu malam.

Karena pusat gempa berada di Laut Banda, artinya daerah-daerah yang berpotensi terpapar tsunami adalah pesisir barat Halmahera, Pulau Ternate, dan pulau-pulau lain di sebelah selatan Halmahera, serta wilayah timur-selatan Sulawesi Utara dan timur Sulawesi Tengah. Selain itu juga pesisir utara Pulau Mangoli dan Pulau Taliabu yang berhadapan dengan posisi pusat gempa.

Belum ada data tentang kerusakan akibat guncangan gempa di pulau-pulau sekitar pusat gempa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya