SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jepang--Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang pesisir selatan Jepang, Selasa siang (30/11). Getaran gempa bahkan terasa di Tokyo dan sejenak menggoyang sejumlah bangunan tinggi, padahal ibukota Jepang itu berjarak ratusan kilometer dari episentrum (pusat gempa).

Menurut Badan Meteorologi Jepang (BMJ), seperti dikutip kantor berita Associated Press, gempa terasa pada pukul 12.25 waktu setempat, sekitar pukul 10 pagi WIB. Sampai berita ini diunggah, belum ada laporan tentang kerusakan maupun korban yang ditimbulkannya. Selain itu, gempa tidak sampai menyebabkan tsunami.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Episentrum gempa berada di dekat Kepulauan Ogasawara, yang terletak sekitar 800 km di sebelah selatan pulau utama Jepang. Gempa itu berpusat di kedalaman 480 km.

BMJ menilai gempa itu berkekuatan 6,9SR. Namun Badan Survei Geologi AS menyatakan kekuatan gempa 6,6SR.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang rawan gempa bumi. Pada 1995, gempa berkekuatan 7,2SR menewaskan 6.400 orang di Kota Kobe.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya