Gempa 6,9 Magnitudo Guncang Filipina
Ilustrasi gempa (Reuters)

Solopos.com, MANILA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang wilayah selatan Filipina, tepatnya di Pulau Mindanao, Sabtu (29/12/2018) pagi menjelang siang. Gempa itu menurut Pacific Tsunami Warning Center diperkirakan berpotensi mengakibatkan tsunami kecil yang melanda pesisir selatan Filipina, Indonesia bagian utara, dan Palau.

Hingga pukul 12.00 WIB belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban baik korban luka atau korban jiwa. United States Geological Survey (USGS) menyebut gempa terjadi 193 km timur Kota General Santos, Mindanao, Filipina, di kedalaman 60 km.

Pacific Tsunami Warning Center menyebut gelombang tsunami berpotensi terjadi dalam radius 300 km dari episenter di wilayah Indonesia dan Filipina. Ketinggian gelombang diperkirakan lebih kurang 0,3 meter di atas batas air pasang tertinggi di pantai utara wilayah Indonesia, Palau, dan Filipina.

Indonesia sudah mengalami dua kali bencana tsunami tahun ini. Yang pertama terjadi di Sulawesi Tengah September lalu saat gempa 7,5 Skala Richter melanda wilayah Palu dan sekitarnya. Yang kedua terjadi sepekan lalu di akhir pekan hari Sabtu saat Gunung Anak Krakatau bererupsi dan melongsorkan lerengnya dan memicu tsunami yang melanda pantai barat Jawa wilayah Banten dan pantai selatan Sumatra di Lampung.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom