SOLOPOS.COM - Ilustrasi seismograf. (Reuters)

Solopos.com, SOLOGempa bumi berkekuatan 6,6 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Mindanao, Filipina, Selasa (29/10/2019) pukul 08.04 WIB. Getaran gempa bumi itu terasa hingga wilayah Sulawesi Utara.

Badan Meteorologi dan Geofisika mengungkapkan pusat gempa berada pada koordinat 6,84 Lintang Utara dan 125,22 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 15 km.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

BMKG menyatakan gempa itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser (Strike-Slip).

Ekspedisi Mudik 2024

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tahuna, Kabupaten Sangihe dan Melonguane, Kabupaten Talaud II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, " kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Detik.com.

Rahmat mengatakan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Gempa bumi di Filipina itu juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 09.40 WIB, terjadi lima gempa susulan dengan kekuatan terbesar 5,4 sR. BMKG juga mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya