SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Makassar–Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Selat Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu malam (12/12) sekitar pukul 22.59 WIB pada kedalaman 19 kilo meter di bawah permukaan laut.

Kepala Bidang Jasa Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Wilayah IV Makassar, Sujarwo, yang dikonfirmasi mengatakan, lokasi gempa berada di 232 km arah barat daya Kota Makassar atau tepatnya di 6.11 LS – 117.55 BT

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masyarakat tidak usah panik karena skalanya rendah. Kalaupun ada gempa susulan skalanya di bawah 5,9 skala Richter (SR),” katanya dan menambahkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa itu dirasakan warga di Jalan Recing Centre Makassar. Azis warga setempat mengaku merasakan ada getaran beberapa kali saat dia di tangga mau naik ke rumah panggungnya.

Demikian juga dengan salah seorang angota satuan pengamanan (satpam) Waris, yang saat berjaga malam di salah satu perguruan tinggi swasta di Jalan Recing Centre, membenarkan adanya getaran setelah mendapat telepon dari istrinya yang tinggal di Perumahan Tamarunang II, Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

“Istri saya langsung menelepon ke saya karena takut. Ia terbangun karena panik ada yang bergetar, bahkan ranjang juga goyang,” ucapnya.

“Kalau kita di sini tidak merasakan, mungkin karena kita tidak di atas rumah atau di dalam ruangan,” tambahnya.

Hal senada dikemukakan warga Sungguminasa, Awan, yang merasakan ada getaran sekitar 10 detik. Karena panik ada gempa susulan, ia dan keluarganya ke luar rumah menuju jalan dan baru kembali masuk ke rumahnya setelah mendapat informasi dari BMG, tidak ada gempa susulan yang membahayakan.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya