SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

California–Gempa bumi melanda wilayah dekat perbatasan California selatan, AS dengan Meksiko. Gedung-gedung di daerah tersebut sempat berderak-derak digoyang gempa.

Menurut badan Survei Geologi AS, seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (15/6), gempa tersebut berkekuatan 5,7 Skala Richter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gempa terjadi pada Senin, 14 Juni sekitar pukul 04.26 waktu setempat di sebelah tenggara Ocotillo, kota gurun pasir sekitar 200 mil sebelah tenggara Los Angeles.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa. Namun getaran gempa dirasakan di seluruh wilayah tersebut. Gempa juga mengayun gedung-gedung di Los Angeles dan bahkan menggoyang sebuah stadion di San Diego.

Menurut ahli seismologi dari California Institute of Technology, gempa ini merupakan susulan dari gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter yang mengguncang Meksiko pada April lalu. Dua orang tewas dalam peristiwa itu.

Menurut para ahli geologi, gempa yang bisa menyebabkan kerusakan luas kemungkinan kuat bakal melanda California dalam 30 tahun mendatang. Pada tahun 1994, gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter di Los Angeles menewaskan 60 orang dan menimbulkan kerusakan yang ditaksir senilai US$ 10 miliar. Sebelumnya pada tahun 1989, gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter merenggut 67 orang di California.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya