Sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhamburan keluar ruangan, Rabu (22/5/2019). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Gempa bumi berkekuatan 4,2 skala Richter (SR) sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus yang berada di dalam kantor bertingkat langsung berhamburan keluar, Rabu (22/5/2019). BMKG menyebut gempa itu berjenis gempa dangkal.

Guncangan gempa juga dirasakan warga Jepara, Pati, hingga Semarang, Jawa Tengah. Akibat gempa tersebut, sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus yang berada di dalam kantor bertingkat langsung berhamburan keluar.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG gempa berkekuatan 4,2 SR terjadi pukul 11.22 WIB. Adapun pusat gempa berada di lokasi 6.69 LS, 110.78 BT 14 km barat laut Kudus, Jateng dengan kedalaman 10 km.

Terkait dampak gempa, dia mengaku belum mendapatkan informasi apakah ada kerusakan yang ditimbulkan. Ia mengingatkan warga Kudus untuk tetap tenang karena goyangan gempa bersifat horisontal. "Jika bergetar, sebaiknya bersumbunyi di bawah meja atau di sudut tembok bangunan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengungkapkan gempa yang terjadi di Kabupaten Kudus memang dirasakan hingga Kabupaten Jepara. "Meskipun demikian, kami masih melakukan pengecekan di lapangan apakah ada dampaknya," ujarnya.

Ayu, salah seorang warga Kudus yang kebetulan berada di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus mengakui para pegawai yang berada di lantai tiga langsung berhamburan keluar ketika merasakan ada getaran gempa.

Pegawai yang berhamburan, katanya, tidak hanya dari BKPP, melainkan pegawai dari organisasi perangkat daerah (OPD) Bappeda serta Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kudus juga ikut berhamburan keluar. Informasinya, gempa juga dirasakan oleh warga Kecamatan Kota, Kabupaten Pati.

Sementara itu, dari Banjarnegara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa gempa bumi dengan kekuatan 4,2 SR mengguncang Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu, pukul 11.12 WIB merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa yang terjadi, gempa ini merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal, kata Kepala Stasiun Geofisika Klas III Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie. "Hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan," katanya.

Sebelumnya disebutkan pusat gempa berada di darat pada koordinat 6.69 Lintang Selatan dan 110.78 Bujur Timur, sekitar 14 km barat laut Kudus pada kedalaman hiposenter 10 km, kata dia. Dia menjelaskan berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Kudus, Demak, Jepara II-III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," katanya.

Untuk itu, kata dia, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten