SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Robot Geminoid, yang tampak luarnya ‘kembar’ dengan manusia, telah dibuat beberapa kali. Namun ini adalah untuk kali pertama ia menyerupai pria non-Jepang dan berjenggot.

Bernama Geminoid DK, ini memiliki bentuk sangat mirip manusia sehingga sempat diduga sebagai hoax. Namun, seperti dikutip dari Spectrum IEEE, Senin (7/3/2011), Geminoid DK adalah robot sungguhan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dibuat oleh Kokoro dan Hiroshi Ishiguro, peneliti robot terkemuka asal Jepang, Geminoid DK menyerupai Profesor Henrik Scharfe dari Aalborg University, Denmark.

Scharfe mengatakan, robot ini dibuat selama kurang lebih satu tahun. Ia dalam waktu dekat akan ke Jepang untuk melakukan eksperimen bersama robot kembarannya. “Setelah itu, robot ini akan dibawa ke Denmark dan menempati sebuah laboratorium yang dirancang khusus,” paparnya.

Penelitian yang akan dijalankan Scharfe serupa dengan yang dilakukan Ishiguro dengan robot kembarannya, Geminoid HI-1.  Fokusnya adalah pada ‘bobot emosi’ interaksi manusia dengan robot dan juga perbedaan budaya dalam melihat robot.

Geminoid DK adalah robot Geminoid pertama yang dibuat berdasarkan model non-Jepang, dalam hal ini pria ‘bule’. Karena Scharfe memiliki jenggot, ini juga menjadi robot pertama yang berjenggot.

Seperti Geminoid lainnya, kendali gerakan dan ekspresi robot ini dilakukan dari jarak jauh melalui motion-capture system. Artinya, setiap ekspresi wajah dan gerak kepala operator akan diikuti oleh sang android.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya