SOLOPOS.COM - Ilustrasi gajah di Gembiraloka Zoo (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA-Pengelola Gembira Loka Zoo menyatakan siap menampung delapan hewan sitaan hasil operasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY.

Namun, hingga kini pihak pengelola mengaku belum ada koordinasi dari pihak BKSDA dan Direskrimsus Polda DIY terkait dengan rencana penitipan tersebut.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Sampai hari ini kami belum dapat konfirmasi. Namun jika diminta dan sepanjang masih ada tempat kami siap menerimanya,” kata Yoseph Kurniawan, Manager Marketing Gembira Loka Zoo kepada Harian Jogja, Sabtu (16/11/2013).

Menurut dia, selama ini Gembira Loka Zoo biasa dijadikan tempat penitipan hewan hasil sitaan dari kedua instansi tersebut. Sedikitnya ada 10 ekor hewan sitaan telah ditampung dan dipelihara di tempat ini.

“Karena bersifat titipan, maka kami tempatkan sama dengan hewan lainnya. Keputusan untuk dilepas liarkan, akan kami serahkan sepenuhnya kepada BKSDA,” jelas dia.

Yoseph menuturkan hewan titipan terkadang dititipkan tidak hanya dalam waktu singkat. Ada beberapa hewan, seperti buaya yang sudah setahun dititipkan.

“Itu tidak masalah. Kami tetap pelihara dan jaga. Ini sesuai dengan fungsi dan kewajiban kami,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya