Tutup Iklan

Gelontor 25.000 Dosis, Menhub Berharap Bisa Bantu Atasi Ketimpangan Vaksinasi Covid-19 Soloraya

Kementerian Perhubungan menggelontorkan 25.000 dosis vaksin Covid-19 untuk wilayah Soloraya salah satunya ke Boyolali.

 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan warga saat meninjau lokasi vaksinasi Covid-19 di Kantor Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jumat (17/9/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan warga saat meninjau lokasi vaksinasi Covid-19 di Kantor Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jumat (17/9/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kantor Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jumat (17/9/2021).

Itu merupakan agenda vaksinasi yang digelar Kementerian Perhubungan memperingati Hari Perhubungan Nasional yang digelar di sejumlah wilayah Soloraya. Pada kesempatan tersebut Budi Karya meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi, mulai dari lokasi pemeriksaan hingga lokasi penyuntikan vaksin.

Dia juga terlihat sempat berdialog dengan peserta vaksinasi. Budi berharap melalui kegiatan vaksinasi yang digelar Kementerian Perhubungan tersebut dapat membantu meningkatkan capaian vaksinasi di daerah.

Baca Juga: Harga Pakan Naik Tapi Harga Telur Turun, Ini Dampaknya untuk Peternak Ayam Boyolali

“Hari ini bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional. Kami hadir dalam pelaksanaan di satu titik [vaksinasi] yang mengoordinasikan sejumlah titik di Soloraya. Kegiatan ini kolaborasi dengan Polri, TNI, pemerintah daerah, BUMN dan masyarakat,” katanya, Jumat.

Budi menyebutkan vaksinasi Covid-19 di Soloraya menyasar sejumlah daerah, mulai dari Solo, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, dan Boyolali.

Mengatasi Ketimpangan

“Soloraya kami alokasikan 25.000 dosis di tujuh titik itu, salah satunya [Terminal] Tirtonadi [Solo]. Selain Soloraya besok kami akan ke Jogja yang dapat 23.000 dosis. Jadi total ada 48.000 dosis vaksin yang kami salurkan,” lanjutnya.

Baca Juga: Duarrr! Mobil Rombongan Warga Karawang Tabrakan dengan Truk di Klego Boyolali

Budi juga menyampaikan alasan Kementerian Perhubungan menggelar vaksinasi Covid-19 di daerah termasuk Boyolali. Hal itu tidak lain karena arahan Presiden Jokowi. Setiap kementerian diminta tidak berpangku tangan, namun turut aktif dalam kegiatan percepatan vaksinasi.

Sedangkan untuk wilayah Soloraya, ia berharap kegiatan tersebut dapat membantu mengatasi ketimpangan capaian vaksinasi antara Kota Solo dan daerah sekitar. “Solo sudah 100%, Boyolali baru 40%. Mudah-mudahan dengan gerakan ini bisa bertambah,” lanjutnya.

Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah membantu program percepatan vaksinasi Covid-19 di daerah.

Baca Juga: Indekos di Mojolegi Boyolali Disegel Bea Cukai, Kenapa?

“Kami atas nama Pemkab Boyolali dan Pemda se-Soloraya, menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub [Kementerian Perhubungan] atas bantuan vaksinasi hari ini. Tentu saja bisa mempercepat vaksinasi yang kami gencarkan saat ini,” katanya.

Percepatan Vaksinasi

Sementara itu, Kakorlantas Polri, Irjen Polisi Istiono, mengimbau sinergi antarlembaga dan masyarakat dalam gerakan percepatan vaksinasi dapat terus terjaga.

“Soliditas dan kekompakan adalah modal utama. Tidak bisa kita bekerja sendiri. Instansi kompak, masyarakat kompak, dengan percepatan vaksinasi yang menjadi program pemerintah dan harus kita dukung bersama,” katanya.

Baca Juga: Canggih! Siswi MI di Nogosari Boyolali Buat Robot ATM Masker dan Cek Suhu Tubuh

Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19. Salah satunya mengenai pengaturan pembatasan masyarakat.

“Jangan sampai adanya penurunan level disambut euforia yang justru dapat berpotensi menaikkan lagi penularan Covid-19. Terpenting, protokol kesehatan jangan sampai lupa,” jelasnya.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

PLN Solo: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Bakal Terus Ditambah

PLN Solo berusaha mendorong terwujudnya ekosistem kendaraan listrik dengan terus menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia

BIN Sisir Ampel Boyolali untuk Vaksin Warga dari Pintu ke Pintu

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali menggenjot vaksinasi di Kecamatan Ampel, Boyolali.

Wajib Dikunjungi, Kota Solo Ternyata Punya 18 Museum Lho

Dinas Kebudayaan Kota Solo meluncurkan gerakan wajib kunjung museum baik museum milik pemerintah maupun swasta, khususnya bagi pelajar.

Terjangkau, Segini Tarif Liburan di Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar menawarkan beragam wisata komplet dengan tarif sangat terjangkau.

Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar meraih Juara I kategori Suvenir dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf.

7 Desa Wisata Jateng Meraih Penghargaan ADWI 2021, 2 dari Soloraya!

Ini daftar tujuh desa di Jawa Tengah (Jateng) yang memperoleh penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Desa Wisata Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, berhasil meraih Peringkat 5 Kategori Homestay pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Waduh, 1 Ekskavator Tenggelam Sedalam 3 Meter di Rawa Jombor Klaten

Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling dan tenggelam di kedalaman 3 meter.

Pernah Ada Kampung Belanda di Solo, Ini Lokasinya

Ternyata pernah ada Kampung Belanda di Solo, Jawa Tengah. Kira-kira di mana lokasinya ya, adakah yang tahu?

Ayam Goreng Mbok Berek, Pionir Warung Makan di Semarang

Usaha ayam goreng dinilai tak pernah ada matinya.

Polres Boyolali Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Erupsi Semeru

Polres Boyolali mengirimkan bantuan logistik kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Jatuh dari Panggung, Polah Penari Waria di Sragen Ini Bikin Auto Ngakak

Keriuhan penonton pecah saat Excel, seorang waria anggota Sedap Malam Sragen terjatuh dari panggung ketika sedang menari.

Sukorejo Sragen Usung Paket Wisata Menari dan 10 Menit Belajar Gamelan

Kampung Wisata Sukorejo, Sragen, menawarkan paket wisata belajar menari dan bermain gamelan dalam waktu 10 menit.

Single Parent, Bu Harsi "Tengkleng" Besarkan 2 Anak Hingga Lulus Kuliah

Sejak ditinggal mati suaminya, Harsi, 55, harus berjuang sendirian membesarkan dua putrinya hingga lulus kuliah. Di balik sosoknya yang belakangan menjadi buah bibir masyarakat, Harsi adalah sosok ibu pekerja keras dan menjadi tulang punggung keluarga.