SOLOPOS.COM - Seorang warga melintas di dekat lahan pertanian yang tergenang air laut, Kamis 910/10/2013).

Harian Jogja.com, BANTUL—Ratusan hektare lahan pertanian di pesisir pantai selatan Bantul rusak lantaran terendam air laut dari muara Sungai Opak yang meluap, Rabu (9/10/2013) malam.

Junarto, Kepala Dusun Tegalrejo, Desa Srigading, Kecamatan Sanden mengatakan, tak kurang dari 200 hektare lahan pertanian di sepanjang pesisir Bantul mulai dari Pantai Pandansimo hingga Parangtritis di sebelah timur yang terendam air laut bercampur air dari Sungai Opak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kerusakan paling parah terjadi di Dusun Ngepet dan Tegalrejo, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, serta di Dusun Baros, Uneng dan Karang di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek. “Wilayah itu terletak paling selatan dan yang terkena luapan air,” kata Junarto saat ditemui di Pantai Samas, Kamis (10/10/2013).

Luapan air laut terjadi sejak Rabu (9/10/2013) malam. Penyebabnya karena gelombang besar hingga enam meter yang terjadi dua hari terakhir. Gelombang tersebut membawa pasir dan menutup aliran air Sungai Opak yang bermuara ke laut selatan.

“Jadi muaranya buntu tertutup pasir, sehingga air sungai dan air laut menyatu, meluap dan menggenangi lahan pertanian,” katanya.

Akibatnya, berbagai jenis tanaman seperti cabai, terong dan selada yang sebagian besar segera panen, rusak. “Kalau terkena air laut tanaman langsung layu dan mati,” katanya.

Pantauan Harian Jogja.com di Pantai Samas, Kamis (10/10/2013), sejumlah warga Samas membentangkan jala di pinggir pantai mencari ikan yang terseret ombak besar. “Biasanya kalau ada gelombang tinggi banyak ikan yang terseret. Sekarang sedang musim ikan Belanak,” tutur salah seorang warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya