SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan Baron Gunungkidul menyebabkan wisatawan berlarian.

Gelombang setinggi 15 feet (sekitar 4,5 meter) menghantam Pantai Selatan, Kamis (19/6/2014). Akibatnya satu buah warung ditepi Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari roboh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gelombang tinggi mulai menghantam sekitar pukul 10.00 WIB. Gelombang berangsung-angsur bertambah tinggi. Hingga pada pukul 13.00 WIB salah satu warung di tepi pantai ambruk diterjang ombak.

Gelombang tinggi juga sempat membuat wisatawan kocar-kacir. Namun gelombang tinggi tak membuat mereka jera.Ketika gelombang tinggi melanda, mereka lari pontang-panting menjauhi pantai, namun ketika gelombang agak reda, mereka kembali bermain di dalam air.

Gelombang tinggi kali ini juga tidak mengakibatkan kerusakan kapal. Pasalnya nelayan sudah mendapatkan peringatan dini mengenai datangnya gelombang tinggi. Kapal-kapal pun sudah diparkir di tempat yang aman.

Salah satu nelayan Yadi mengaku tetap melaut meskipun gelombang mencapau 4,5 meter. Menurutnya, gelombang setinggi 4,5 meter merupakan hal biasa.

Wakil Koordinato SAR Satlinmas Korwil II Sukamto menuturkan ketinggian gelombang terus dipantau melalui stormsurf.con dan bpptbuoy.info. “Ketika akan ada gelombang tinggi, kami akan segera mengoordinasikan dengan nelayan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya