SOLOPOS.COM - Gelombang tinggi di Pantai Drini saat Rabu (8/6/2016) malam. (JIBI/Harian Jogja/dok. SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul)

Gelombang tinggi Pantai Selatan diprediksi kembali terjadi.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Pengunjung yang ingin menghabiskan akhir pekan di kawasan pantai diminta waspada terhadap potensi gelombang tinggi. Rentang waktu tiga hari ke depan diprediksi ada kenaikan gelombang setinggi tiga sampai empat meter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan  selain prediksi adanya kenaikan gelombang, tanda cuaca yang kurang bersahabat sudah terlihat adanya embusan angin kencang yang terjadi pada Jumat kemarin (9/9/2016).

“Peringatan untuk lebih berhati-hati, bukan hanya untuk pengunjung, tapi juga para nelayan atau pun pedagang di kawasan pesisir,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Suridiyanto mengatakan, untuk mengantisipasi adanya peningkatan kunjungan wisatawan saat libur panjang, seluruh personel akan disiagakan. Adapun pos penjagaan dilakukan mulai dari Pantai Poktunggal hingga Gesing.

“Setiap titik anggota yang diterjunkan tidak sama karena disesuaikan dengan situasi dan kondisi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk keselamatan wisatawan, bukan semata-mata menjadi tugas petugas SAR. Namun upaya ini juga didukung oleh kesadaran masing-masing pengunjung untuk lebih waspada dan berhati-hati saat bermain air.

“Selain melakukan pengawasan di pos pantau, kami juga akan menerjunkan personel untuk berbaur dengan pengunjung. Harapannya dengan model ini, maka antisipasi laka bisa lebih efektif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya