SOLOPOS.COM - Gelombang tinggi di Pantai Drini saat Rabu (8/6/2016) malam. (JIBI/Harian Jogja/dok. SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul)

Gelombang tinggi Pantai Selatan mungkin terjadi pada minggu ini.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL –– Gelombang tinggi kembali mengancam wilayah Pantai Selatan. Pengunjung atau nelayan diminta waspada terhadap potensi ancaman tersebut.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Koordinator Pos Klimatologi BMKG DIY, Joko Budiono mengatakan, munculnya potensi gelombang tinggi tidak lepas adanya peningkatan kecepatan angin di laut selatan. Diperkirakan kecepatan angin mencapai 10-25 knot.

“Kecepatan itu melebihi kecepatan normal, sehingga bisa memicu potensi gelombang tinggi,” ungkap Joko.

Dia menambahkan, pihaknya telah memberikan peringatan terhadap adanya potensi gelombang tinggi. Namun ancaman itu, bukan menjadi satu-satunya karena diperkirakan kondisi cuaca akan ikut terpegaruh sehingga bisa menimbulkan potensi hujan lebat di akhir pekan nanti.

Sementara itu,  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo mengaku telah mendapatkan peringatan terkait dengan adanya ancaman potensi gelombang tinggi. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada, terutama bagi wisatawan yang sedang menikmati libur.

“Kami sudah berkoordinasi dengan anggota SAR. Namun harapannya seluruh nelayan atau pengunjung ikut tetap waspada,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya