GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN : Gelombang Stabil, Wisatawan Kembali Normal
Wisatawan yang berkunjung di Pantai Baru sudah bisa bermain- main kemali di pinggir pantai setelah kondisi ombak yang sudah stabil, Minggu (12/6/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Gelombang tinggi pantai selatan di Bantul sudah surut dan ombak mulai stabil

Solopos.com, BANTUL - Gelombang di Pantai Baru, Srandakan, Bantul sudah mulai stabil sejak Jumat (10/6/2016) lalu, wisatawan yang berkunjung pun sudah bisa bermain air di pantai karena ketinggin gelombang yang sudah aman dengan tinggi 1,5-2 meter.

Sekretaris Search And Resque (SAR) Pantai Baru, Nugroho mengatakan sejak hari Jumat gelombang berangsur-angsur turun mulai hari Sabtu (11/6/2016) wisatawan yang datang sudah banyak yang bermain air, namun jumlah wisatawan yang berkunjung juga belum terlalu banyak.

“Kemarin dan hari ini ombak sudah sangat stabil, mungkin karena bertepatan dengan bulan puasa jadi wisatawan juga tidak terlalu banyak. Pada saat ombak besar kemaren malah ada beberapa yang berkunjung sengaja untuk melihat kondisi pantai,” ujarnya, Minggu (12/6/2016).

Ia menjelaskan, sejak ombak sudah stabil para warga juga sudah mulai untuk beraktivitas seperti biasa, sebagian warung milik warga sudah mulai buka meski harus ditutup dengan kain karena bulan puasa, kemudian warga yang memiliki persewaan kendaraan ATV dan payung untuk berteduh juga sudah mulai beraktivitas.

Petugas Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Wilayah IV Bantul Arif Salim, mengatakan kunjungan di bulan Ramadan memang tidak pasti, seperti tahun-tahun sebelumnya hampir bisa dipastikan kunjungan berkurang hingga 80%.

“Ombak besar selama beberapa hari kemarin juga tidak menambah jumlah kunjungan wisatawan, ya ada kenaikan tapi hanya sedikit sekali. Mungkin juga sebagian dari mereka datang melalui jalan yang ada TPR yang kecil-kecil jadi untuk jumlah saya tidak bisa memastikan,” katanya.

Menurut Arif kenaikan jumlah wisatawan akan terjadi kira-kira H+2 setelah lebaran, karena memang setelah lebaran banyak wisatawan yang mudik ke DIY berlibur ke pantai.

“Puasa memang tidak banyak wisatawan, namun nanti setelah lebaran pasti kunjungan bisa naik hingga 50 persen,” papar Arif.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom