SOLOPOS.COM - Gelombang tinggi di pantai selatan DIY. (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harian Jogja.com, KULONPROGO—Ombak besar yang melanda kawasan Pantai Bugel, Kecamatan Panjatan, merusak sejumlah perahu dan jaring milik para nelayan setempat. Akibatnya, mereka merugi hingga Rp500 juta.

“Ombak laut beberapa hari ini mencapai ketinggian 10 meter dan mampu mencapai radius 100 meter dari bibir pantai,” kata Ngadiyo, nelayan Pantai Bugel saat ditemui Harian Jogja.com, Jumat (11/10/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akibat terjangan gelombang, perahu milik para nelayan yang diparkir terhempas dan saling berbenturan. Bahkan pada Kamis (10/10/2013) malam, air laut yang naik ke daratan hampir mencapai bangunan TPI Bugel.

Anggota SAR Linmas Pantai Trisik, Sarjiyo mengungkapkan, ketinggian gelombang bisa mencapai 12 meter. Air laut juga menggenangi wilayah pantai hingga radius 50 meter dari bibir pantai. “Jadi, kapal nelayan otomatis rusak kena terjangan ombak,” ujar dia.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, Untung Waluyo, mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di beberapa wilayah pantai dari Jangkaran hingga Trisik. Kendati demikian, ia belum mendapatkan informasi resmi dari BMKG terkait kondisi ini.  “Secara informal, petugas memperkirakan keadaan seperti ini masih akan berlangsung hingga November mendatang,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya