Gelombang Pasang di Pantai Trisik Ancam Penangkaran Penyu
Bangunan warung yang rusak pasca diterjang ombak di Pantai Trisik, Galur, Selasa (4/8). (Harianjogja.com/Jalu Rahman Dewantara).

Solopos.com, KULONPROGO -- Gelombang pasang menghantam Pantai Trisik, Kapanewon Galur, Kulonprogo, DIY, Selasa (4/8/2020). Sebuah bangunan warung dan kolam renang di pantai tersebut dilaporkan rusak.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko membenarkan laporan tersebut. Ia mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa pagi.

"Ombak besar tiba-tiba datang dan merobohkan sebuah bangunan warung permanen. Kolam renang milik warga yang dekat dengan bibir pantai juga ikut kena dan rusak akibat gelombang," ujar Aris.

Kapal Nabi Nuh Bakal Ada di Taman Wisata Terbesar se-Asia Tenggara Jateng Valley

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa  gelombang pasang tersebut. Untuk kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Untuk mengantisipasi adanya warga yang mendekat ke lokasi, tim sar bersama jajaran Polsek Galur telah memasang garis polisi.

Ancam Konservasi Penyu

Terjangan gelombang pasang tak hanya merusak bangunan, tapi juga memperparah abrasi di pantai tersebut. Sementara lokasi abrasi itu cukup dekat dengan tempat penangkaran penyu milik Konservasi Penyu Abadi Pantai Trisik.

"Lokasinya tepat di selatan penangkaran penyu, dan kalau dibiarkan terus bisa mengancam tempat tersebut," ujar Salah satu anggota SRI Wilayah V Kulonprogo Hendratmoko.

Sapi Kurban Nyemplung ke Sumur Masjid, Damkar Semarang Dikerahkan

Dikatakan Hendratmoko, jarak antara bibir pantai yang mengalami abrasi dengan lokasi penangkaran kurang dari 50 meter. Diprediksi abrasi akibat gelombang pasang bakal kian parah. Karena beberapa hari terkahir sepanjang pesisir Kulonprogo dilanda gelombang pasang berketinggian dua hingga tiga meter.

"Untuk persoalan ini kami sudah sampaikan ke atasan kami, Satpol-PP DIY. Lokasi abrasi akibat gelombang pasang kami pasangi garis polisi agar tidak ada masyarakat yang mendekat," ujarnya.

Pantai Trisik terletak di arah tenggara Kulon Progo tepatnya di Banaran, Galur. Pantai Trisik merupakan pantai yang landai berupa hamparan pasir hitam. Kawasan Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo di sebelah timur. Sungai tersebut menjadi batas alam Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom