SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja memperkirakan kondisi pantai selatan Jawa khususnya di wilayah DIY baru akan normal pada empat sampai lima hari mendatang (5-6 Agustus). Dalam kondisi normal, tinggi gelombang berada di bawah dua meter.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jogja Tony Agus Wijaya mengungkapkan, cukup masuk akal apabila dalam kondisi tidak normal, pada Minggu (31/7) kemarin ada belasan pengunjung pantai yang terseret ombak.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

“Kemarin [Minggu] sampai tiga hari ke depan maksimal tinggi gelombang mencapai 3,5 meter sampai empat meter,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Senin (1/8). Ia bahkan mengatakan dua hari lalu kecepatan angin di perairan selatan sempat mencapai 60 kilometer per jam.

Menurut dia, kecepatan 60 kilometer per jam tergolong kencang dan berdampak pada tingginya gelombang laut. Kondisi itu dipengaruhi badai Nock Ten di Laut Cina Selatan dan situasi di utara Khatulistiwa tepatnya di Filipina dan Jepang yang masuk musim hujan.

Tony mengimbau warga sekitar pantai selatan maupun pengunjung untuk berhati-hati terkait tingginya gelombang laut. “Termasuk nelayan juga perlu hati-hati meski sudah mengenal kawasan perairan selatan,” ujarnya.(Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya