Gelombang Panas Sapu Paris, Suhu Udara Capai 47 Derajat Celsius
Menara Eiffel di Paris, Prancis (Reuters)

Solopos.com, PARIS Sejumlah negara di dunia tengah menghadapi gelombang panas. Suhu udara di Kota Paris, Prancis, terhitung lebih dari 40 derajat celsius pada pekan ini. Suhu yang sangat tinggi itu memecahkan rekor untuk bulan Juni 2019.

Suhu udara di Paris diperkirakan mencapai 35 derajat celsius pada Senin dan akan terus naik hingga Kamis atau Jumat pekan ini. Wilayah utara negara tersebut, termasuk Kota Paris akan terdampak butuk. Dikutip dari BBC, Rabu (26/6/2019), ahli meteorologi mengatakan, kelembapan udara yang tinggi membuat suhu 40 derajat celsius terasa seperti 47 derajat celsius di Paris.

Selain Prancis, Jerman, Swiss, dan Belgia diperkirakan akan menghadapi gelombang panas beberapa hari ke depan. Gelombang panas itu disebabkan tekanan atmosfer yang tinggi di kawasan Samudra Atlantik. Udara panas dri Afrika Utara dan Spanyol ditarik ke kawasan Samudra Atlantik yang menyebabkan kenaikan suhu udara.

Badan Meteorologi Prancis memperingatkan kemungkinan suhu udara tidak akan turun selama beberapa pekan. Bahkan, di malam hari suhu terendah diperkirakan tetap di atas 20 derajat celsius. Sejumlah kota besar di Prancis rentan disapu gelombang panas.

Pemerintah Kota Paris telah mengantisipasi gelombang panas dengan menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya menyiapkan sekitar 900 tempat dingin dengan suhu rendah dari jalanan kota, seperti taman, ruang publik ber-AC, hingga mesin pendingin. Saat ini, pemerintah menyiapkan 13 ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati masyarakat.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom