Ilustrasi kebakaran (Antara-Teguh Jatmiko)

Solopos.com, TORRE DEL ESPANOL - Kebakaran hutan melanda Spanyol setelah sebelumnya peringatan waspada gelombang panas dikeluarkan badan meteorologi Spanyol, Sabtu lalu.

Dilansir dari Bangkok Post, Jumat (28/6/2019), kobaran api meluap Rabu (26/6/2019) siang, di Torre del Espanol yang menghancurkan lebih dari 5.500 hektar lahan.

Jika dibiarkan, api bisa menghancurkan lebih dari 20.000 lahan dalam waktu singkat. Sebanyak 350 pemadam kebakaran dibantu 230 tentara dan 15 pesawat pemadam dikerahkan untuk menanggulangi bencana ini.

PLTN Asco yang berjarak beberapa kilometer dari lokasi kebarakan dinyatakan aman karena angin bertiup ke arah yang berlawanan

"Kesulitan saat ini adalah kita tidak bisa menyatakan kondisi kebakaran sudah terkontrol, malah saat ini api semakin membesar," ungkap menteri Miquel Buch.

"Kotoran hewan yang menumpuk bisa menghasilkan panas dan menyebabkan ledakan kecil pemicu kebakaran," tambahnya.

Petugas pemadam mengatakan lahan yang curam menghambat proses pemadaman api. Kondisi ini diperparah dengan angin kencang dan suhu tinggi 40 derajat celcius.

Sekitar 50 orang dievakuasi dari daerah kebakaran dan 5 jalan utama ditutup karena musibah ini.

Lahan yang hangus meliputi kebun anggur, zaitun, dan buah-buah lain. Kebakaran ini juga menyebabkan 200 domba ternak dan dua kuda mati. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten