Gelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

B20 menggelar forum kegiatan sampingan di Jawa Timur yang memfokuskan pada nilai rantai pasok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

 Jawa Timur menjadi provinsi diselenggarakannya forum dialog B20 karena memiliki nilai tersendiri. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Jawa Timur menjadi provinsi diselenggarakannya forum dialog B20 karena memiliki nilai tersendiri. (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA-B20 menggelar forum kegiatan sampingan di Jawa Timur yang memfokuskan pada nilai rantai pasok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ajang B20 di Jawa Timur ini diselenggarakan empat hari yaitu 15-18 September 2022 yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia meningkatkan rantai nilai dan rantai pasokan global.

Peningkatan nilai rantai pasok global merangkak cukup pesat hingga 50% pada 2007 dari 40% pada 1990, setelah sebelumnya mengalami penurunan pasca krisis global keuangan pada 2007 hingga 2008. Tentunya hal ini membawa dampak cukup baik bagi perekonomian Indonesia.

PromosiKuliah Cuma Rebahan, Bayaran Tetap Jalan

The Business 20 atau B20 merupakan grup jangkauan G20 yang di dalamnya terdiri atas perwakilan komunitas bisnis internasional. Melalui forum komunitas global B20, Indonesia berkomitmen untuk menyatukan komunitas bisnis G20 dalam satu kesepakatan agar lebih kuat menuju inklusivitas, serta tangguh dan kolaboratif meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.

B20 yang diselenggarakan pada 2022 mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger. B20 menjadi bagian dari rangkaian ajang G20 yang akan digelar November mendatang. Rangkaian acara B20 telah resmi dimulai melalui penyelenggaraan pertemuan awal di Jakarta pada 27-28 Januari 2022 lalu.

Baca Juga: Mitigasi Risiko Korupsi, B20-G20 Tingkatkan Integritas & Kepatuhan Dunia Bisnis

Chairman B20, Shinta Wijaya Kamdani, turut mengungkapkan rantai pasok global seringkali menghadapi disrupsi secara terus menerus dan berdampak negatif pada seluruh sektor bisnis pada ekonomi G20. Di sisi lain, komoditas rantai pasok global bisa saja mengalami keterbatasan akibat bencana alam dan kondisi geopolitik.

“Rantai pasok dan nilai global memiliki kesenjangan kemampuan antara perusahaan skala nasional dan dengan skala usaha kecil menengah, yang justru merupakan tulang punggung ekonomi G20,” jelas Shinta dalam keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Minggu (18/9/2022).

Forum B20 yang diselenggarakan pada 14-15 September 2022 juga memberikan perhatian khusus pada isu Global Value Chain (GVC), khususnya bagi perusahaan atau UMKM. Partisipasi dari rantai perusahaan atau UMKM mengalami pertumbuhan yang cepat, yaitu sebagian besar ekonomi dan bisnis menyumbang lebih dari 95% dari total jumlah perusahaan dan terdiri lebih dari 70% dan 50% dalam hal pekerjaan dan nilai tambah, masing-masing.

Baca Juga: Promosikan Forum B20, Kadin Indonesia Lakukan Lawatan ke Eropa

Terkait hal itu, Shinta mengharapkan melalui penyelenggaran B20 dapat mempromosikan ekosistem rantai pasok yang inklusif terutama pada model kemitraan bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia sebagai Gerakan Global untuk menguatkan UMKM menjadi bagian dari rantai pasok nasional dan global di bawah dukungan dari pemerintah, bisnis, institusi keuangan dan lain sebagainya.

Jawa Timur menjadi provinsi diselenggarakannya forum dialog B20 karena memiliki nilai tersendiri. Selama lebih dari dua abad, Jawa Timur telah menjadi pusat perdagangan yang signifikan baik secara domestik maupun internasional.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak,  yang membuka acara, memberikan apresiasi dan kebanggaanya karena B20 diselenggarakan di Jawa Timur, tepatnya di Kota Surabaya.

“Saya menyatakan apesiasi karena Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kota Surabaya menjadi host untuk kegiatan sampingan The Business 20 [B20]. Temen-temen dari pelaku usaha Jatim telah berhasil menjadikan Surabaya dan Jatim yang merupakan provinsi dengan ekonomi terbesar kedua di Indonesia, sebagai bagian dari perjalanan menuju G20,” ujarnya.

Jawa Timur dipilih menjadi tuan rumah pelaksana acara karena potensi dan peranannya sebagai salah satu hub penting bagi perdagangan domestik dan internasional Indonesia semenjak berabad lalu.

Baca Juga: Menko Airlangga Hartarto Ungkapkan Momen Emas Berinvestasi di Indonesia

Demikian juga pemilihan Hotel Majapahit yang bersejarah pun, menurut Emil, untuk menginspirasi para tamu undangan agar turut serta mengambil peran kepahlawanan bagi perekonomian Indonesia. Dirinya juga berharap diskusi kali ini sungguh-sungguh dapat membantu peningkatan kapasitas Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat bersaing di tengah ekonomi global.

“B20 merupakan forum diskusi yang sangat strategis, selanjutnya mudah-mudahan semua diskusi dan rekomendasi bisa kita susun dan digabungkan untuk disampaikan ke forum G20 Summit November nanti,” papar Emil.

B20 rantai pasok UMKM
Ketua Bidang UMKM/IKM DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sekaligus Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk Ronald Walla. (Istimewa)

Penting bagi setiap pihak untuk memelihara usaha atau UMKM agar terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Ronald Walla selaku Ketua Bidang UMKM/IKM DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sekaligus Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk mengatakan bahwa Apindo mendorong pelaku UMKM IKM untuk terus memperluas akses pasar Indonesia ke seluruh dunia.

Menurutnya UMKM perlu lebih cepat tanggap dalam mengakses dan menciptakan pangsa pasarnya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain yang lebih besar. Dengan visi misi elaboratif dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), diharapkan tercipta ekonomi kerakyatan Indonesia yang mandiri.

Baca Juga: Elon Musk dan Bill Gates Janji Hadir di B20 Summit Bali

Ronald juga mendukung para calon wirausahawan muda melalui Diplomat Success Challenge (DSC) yaitu program dan ekosistem kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Wismilak Foundation untuk mencari para wirausahawan dan calon wirausahawan agar mampu membawa perekonomian Indonesia bangkit lebih kuat. Para wirausahawan yang diinkubasi melalui program DSC diharapkan mampu mengimplementasikan ide bisnisnya sehingga menjadi solusi bagi masyarakat, serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan mendorong roda perekonomian Indonesia.

Program kompetisi dan ekosistem kewirausahaan DSC sendiri telah memasuki tahun ke-13 pada tahun 2022 ini, sehingga selain ide bisnis, DSC juga sangat memperhatikan isu keberlanjutan yang selaras dengan prinsip triple bottom line yaitu profit, people, dan planet (3P).

“Seperti halnya nilai-nilai UMKM Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yaitu mau maju dan berkontribusi, integritas tinggi, dan bersama meraih sukses, maka melalui program DSC diharapkan kami dapat mengambil peran dan berkontribusi memperkuat ekosistem wirausaha nasional,” ujar Ronald. Nantinya rangkaian acara B20 akan ditutup dengan pertemuan puncak pada tanggal 13-14 November 2022 di Bali.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BRI Dorong Transaksi Nontunai Ratusan Ribu Pelaku UMKM Lewat Platform AYO SRC

      PT. BRI menginisiasi kerja sama layanan digital payment pada platform AYO SRC dari PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem UMKM Indonesia.

      Fokus E-Football, Diplomat Esport Arena Solo Meriahkan Piala Dunia

      Diplomat Esport Arena(DEA), kembali menggelar event di tahun ini, Sabtu (24/9/2022). Guna memeriahkan ajang Piala Dunia, DEA 2022 lebih fokus pada laga e-football kategori console games.

      Jokowi Setujui Usul Mendag soal Dana Rp100 Triliun BUMN untuk Beli Hasil Tani

      Mendag Zulkifli Hasan menyatakan usulan disampaikan agar petani lebih sejahtera dan harga bahan pokok seperti beras, jagung, dan lain-lainnya bisa terjaga pasokannya dan harganya terjangkau.

      PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip di Indonesia International Series 2022

      PLN telah menyiapkan infrastruktur supply berlapis, berupa pengamanan lokasi kegiatan dengan skema double supply sehingga keandalan lebih terjaga di GOR Amongrogo Yogyakarta

      Mirip TaniHub, Kemendag akan Bangun Marketplace Pertanian

      Platform marketplace bentukan Kemendag ini diharapkan dapat menemukan produsen hasil pertanian dengan pembeli.

      Harga Minyak Dunia Anjlok, ESDM: ICP US$63 per Barel Ada Penyesuaian Harga BBM

      Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan akan ada penyesuaian harga BBM jika harga minyak mentah dunia mendekati asumsi ICP US$63 per barel.

      Ratusan Tenant Meriahkan Pembukaan Solo Great Sale 2022 di CFD

      Ratusan tenant SGS 2022 berjalan dari Solo Grand Mall (SGM) menuju Loji Gandrung, Minggu (25/9/2022) menyemarakkan pembukaan event belanja akbar di Solo itu.

      Bulog Telah Siapkan 650.000 Ton Beras untuk Operasi Pasar 2022

      Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga.

      Hari Ini, Solo Great Sale 2022 Dimulai, 23.000 Pelaku Usaha Ikuti SGS

      Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

      Jangan Sampai Ketinggalan! Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.

      Solo Great Sale 2022 Dimulai, Pembiasaan Transaksi Nontunai Dikuatkan

      Solo Great Sale (SGS) 2022 siap dimulai, Minggu (25/9/2022). Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

      Pertumbuhan Melambat, Facebook dan Google akan Kurangi Jumlah Karyawan

      Di tengah pertumbuhan yang melambat, perusahaan induk Facebook Meta dan Google Alphabet dikabarkan akan mengurangi pegawainya karena raksasa teknologi itu ingin memangkas biaya. 

      Di Balik PHK Karyawan Indosat Ooredoo Hutchison, Ada Beban Gaji Naik 68 Persen

      Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perampingan karyawan alias PHK sejumlah karyawan.

      PHK Besar-Besaran Indosat dan Senjakala Layanan Telepon & SMS

      Disrupsi teknologi mengancam keberlangsungan operator telekomunikasi. Kini, semakin jarang orang yang memanfaatkan layanan telepon dan SMS akibat gempuran instant messenging seperti WhatsApp yang menawarkan layanan lebih praktis dan hemat tentunya.

      Dukung Kemudahan Investasi, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

      Aplikasi Super Apps Digital Banking BRImo milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan inovasi untuk memenuhi beragam kebutuhan layanan finansial nasabah.