Tutup Iklan

Gelar Workshop Kewirausahaan, ITNY Jogja Siap Cetak Technopreneur Muda

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan, Sabtu (16/10/2021).

 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan. (istimewa)

SOLOPOS.COM - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan. (istimewa)

Solopos.com, SLEMAN – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mencetak technopreneur-technopreneur muda di Indonesia, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan.

Kegiatan ini mengusung tema Pengembangan Kewirausahaan Menuju Inkubator Bisnis. Kegiatan yang digelar pada Sabtu (16/10/2021) secara virtual ini menghadirkan narasumber Yudi Dwi Ardian, B.Sc , Owner of Aston Inn Hotel Semarang dan Febriyo Hadi Kesuma, CEO Digibooks.

Kegiatan ini diikuti oleh 265 peserta yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dan beberapa dosen ITNY.

Baca Juga: Kemiskinan Kulonprogo Tembus 18,1 Persen, DPRD Minta Ada Evaluasi

Rektor ITNY, Dr. Ircham, M.T. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sesuai dengan tagline yang diusung ITNY saat ini adalah Technopreneur in future Energy. Saat ini ITNY sedang mencari bentuk technopreneur yang pas untuk ITNY.

Ircham berharap mahasiswa ITNY bisa menjadi pencetak lapangan kerja dan bukan hanya sebagai pencari kerja. Ia menambahkan bahwa Technopreneur tidak hanya bicara menjadi sekedar kaya tapi lebih ke manfaat kepada orang lain.

“Saya berharap dimana ada alumni ITNY, disitu ada kebermanfaatan untuk orang lain,” lanjut Ircham.

Pada kesempatan ini, Yudi Dwi Ardian sebagai narasumber menjelaskan tentang bagaimana mencari ide (invensi dan inovasi), peluang, dan memulai wirausaha/bisnis. Ia menekankan tentang bagaimana membangun bisnis yang sesuai dengan passion masing-masing, tidak hanya ikut-ikutan temannya.

“Passion belum tentu menjadi income. Tapi bisa menciptakan peluang untuk memperoleh income,” jelas Yudi.

Untuk hal tersebut Yudi berpatokan pada 3 Pilar dalam keberhasilannya, yaitu kejarlah spiritual, silaturahmi, dan sedekah, kemudian rendah hati selalu untuk menghadapinya.

Baca Juga: Pemkot Jogja Tidak Lagi Gunakan Metode Swab untuk Tes Covid-19, Lalu?

Selanjutnya, Febriyo memaparkan tentang psikologi pasar dan bisnis. Ia mengatakan bahwa kesuksesan seseorang bukan dinilai dari berapa banyak usaha bisnisnya, tapi dari berapa besar dia fokus pada bisnisnya.

“Jika kita akan melakukan suatu usaha, kita harus melakukan research dulu apakah produk kita diterima oleh market dan tidak hanya main perasaan saja,” terang Bio, panggilan akrab Febrio.

Sesi yang paling menarik adalah sesi coffee break yang berisikan doorprize. Pada kesempatan ini Yudi memberikan doorprize untuk menginap Gratis di Hotel Aston miliknya.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Banjir Lahar Dingin Merapi, Bupati Sleman Tetapkan Tanggap Darurat

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin Gunung Merapi.

Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Merapi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi agar upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan.

Kunjungi Seniman Bantul, Rachmat Gobel Pesan 6 Robot dari Motor Rosok

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Bantul yang menyulap motor tua menjadi replika robot.

Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Penyekatan akan kembali dilakukan Pemprov DIY di tiga lokasi pada libur Nataru mendatang. Akan ada pemeriksaan sampel pula untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Dinas Kebudayaan DIY Salurkan Gamelan ke Pesantren, Jadi Media Dakwah

Dinas Kebudayaan DIY menyalurkan seperangkat gamelan kuningan pelog dan slendro kepada sejumlah pesantren.

Bikin Susah, Warga Nanggulan Tolak Penambangan Pasir Kali Progo

Sejumlah warga dari Kapanewon (Kecamatan) Nanggulan, Kulonprogo, mengeluhkan aktivitas penambangan pasir di sekitar Kali Progo.

Disdikpora Bantul Usulkan Gerakan Pasermas Lidi, Apa Maksudnya?

Disdikpora Bantul mengatakan, secara regulasi belum ada aturan yang mengatur keterlibatan masyarakat itu dalam dunia pendidikan.

Pemkot Jogja Tidak Lakukan Pendataan Jaminan Sosial 2021, Ini Alasannya

Pemerintah Kota Jogja tidak mendata ulang keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial pada 2021. Pemkot menggunakan data tahun lalu.

Ini Dia! Sosok Siskaeee yang Disebut Pamer Organ Vital di Bandara YIA

Sosok pengguna akun siskaeee tengah ramai dibicarakan setelah video viral perempuan yang memamerkan payudara dan alat vital di Bandara YIA.

Tak Ada CCTV, Tempat Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Perempuan diduga Siskaeee melakukan aksi eksibisionisme di akses jalan penghubung antara lantai satu dan dua parkir Bandara YIA yang tidak terpasang cctv dan jarang dilalui orang.

Kata Bandara YIA Soal Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Parkiran

PT AP I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA merasa dirugikan oleh perempuan yang melakukan aksi eksibisionisme, yakni pamer payudara dan kemaluan di lantai dua parkir Bandara YIA.

+ PLUS PKL Harus Pindah agar Malioboro Menjadi Mirip Orchard Road

Konsep besar yang segera direlisasikan adalah mengembangkan Malioboro menjadi seperti kawasan Orchard Road di Singapura. Basisnya adalah penataan dan pemberdayaan sumbu filosofis keraton dan Kota Jogja.

Polisi Kantongi Identitas Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di YIA

Polres Kulonprogo mengantongi identitas perempuan yang diduga melakukan aksi eksibisionisme di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Terbaru, Soal Kasus Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Bandara YIA

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mendesak polisi menyelesaikan kasus video viral perempuan memamerkan payudara dan alat kelamin di Bandara YIA.

Geger Wanita Pamer Payudara di Bandara YIA Jogja, Ini Kata Polisi

Video viral seorang wanita pamer payudara di area Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) masih dalam penyelidikan polisi.