SOLOPOS.COM - Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, memindahkan kuncir wisudawan pada acara wisuda ITS PKU Muhammadiyah Surakarta di The Alana Hotel & Convention Center Solo, Sabtu (24/9/2022). (Istimewa/Humas ITS PKU Muhammadiyah Solo)

Solopos.com, KARANGANYAR—Sebanyak 299 lulusan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menjalani wisuda pada Sabtu (24/9/2022). Jumlah tersebut termasuk lulusan pertama dari program regular dan alih jenjang Prodi D4 Keperawatan Anestesiologi.

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, dalam sambutannya dia acara Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Program Diploma dan Sarjana ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Sabtu, menyampaikan jumlah lulusan semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang diwisuda pada hari tersebut sebanyak 299 orang yang terdiri atas beberapa program studi (prodi).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertama adalah Prodi D4 Keperawatan Anestesiologi Reguler dan Alih Jenjang sebanyak 207 orang, dimana dari jumlah tersebut yang telah lulus uji kompetensi 98%.

“Kemudian ini adalah lulusan pertama Reguler dan Alih Jenjang sejak prodi ini lahir. Ini juga merupakan prodi yang mewarnai ITS PKU karena mahasiswanya berasal dari 29 provinsi, mulai dari Aceh sampai Papua dan prodi dengan keberagaman agama, Islam, Kristen, Katholik dan Hindu serta istimewanya, lulusannya sudah dipesan,” kata dia, Sabtu.

Selainjutnya ada dari Prodi S1 Gizi sebanya 35 orang dengan kelulusan uji kompetensi 100%.

Sedangkan untuk D3 Keperawatan ada 46 orang dengan kelulusan uji kompetensi 100%. Terakhir adalah D3 Kebidanan sebanyak 11 orang dengan kelulusan uji kompetensi 95%,” jelas dia.

Selanjutnya, jumlah lulusan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 135 orang yang terdiri dari Prodi S1 keperawatan, S1 Gizi, D3 Keperawatan dan kebidanan yang sudah wisuda pada tanggal 25 Juni 2022 lalu. Untuk jumlah tersebut telah uji kompetensi masing-masing prodi sebanyak 100%.

Pihaknya berharap para wisudawan dapat menerapkan ilmu yang didapat selama menjalani kuliah. Serta ilmu yang didapat itu bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, agama dan Bangsa Indonesia.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan selama ini ITS PKU Muhammadiyah Surakarta terus berkomitmen untuk menjadi kampus Kesehatan terbaik di Jawa Tengah.

Berbagai prestasi telah diraih kampus tersebut, di antaranya mendapatkan penghargaan Solo Best Brands and Innovation Awards 2022, serta Perguruan Tinggi Terbaik Cluster 5 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Award Tahun 2022, dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemedikbud RI.

“Pencapaian ini sudah pasti tidak mudah.  ITS PKU membutuhkan peran serta seluruh stakeholder untuk mendukung, termasuk saudara-saudara yang hari ini diwisuda. Penghargaan ini bukan merupakan tujuan dari ITS PKU.  Namun, ini semua adalah demi kebaikan proses belajar di ITS PKU sehingga para lulusan  akan benar-benar qualified dan diterima dengan baik di masyarakat dan dunia kerja,” kata dia.

Selanjutnya mimpi menjadi salah satu dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia akan sejalan dengan tugas utama perguruan tinggi dengan Catur Dharma-nya, yakni pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan. Menurutnya dengan pengajaran yang baik akan melahirkan inovasi-inovasi dan karya ilmiah berkualitas.

“Inovasi dan karya ilmiah berkualitas yang dihilirisasi akan menjadi sumbangan Perguruan Tinggi kepada masyarakat sebagai bagian dari pengabdiannya,” lanjut dia.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kemendikbud, Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Badan Pembina Harian ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan Organisasi Profesi atas segala dukungan, nasihat dan pengarahannya, sehingga misi pendidikan tinggi di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dapat dilaksanakan dengan lancar dan semakin baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya