Tutup Iklan

Gelar Silaturahmi, Rektor UNS Tekankan Esensi Idulfitri

Kemampuan dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi merupakan buah dari asupan nutrisi keimanan dan ketaqwaan.

 
Silaturahmi Idulfitri UNS digelar secara luring, Senin (17/5/2021). (Solopos.com/Humas UNS)

SOLOPOS.COM - Silaturahmi Idulfitri UNS digelar secara luring, Senin (17/5/2021). (Solopos.com/Humas UNS)

Solopos.com, SOLO – Keluarga besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar silaturahmi Idulfitri 1442 H, Senin (17/5/2021). Acara yang digelar secara luring di auditorium diikuti seluruh sivitas akademika UNS.

Acara yang digelar melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting juga dihadiri alumni dan tamu undangan. Silaturahmi ini juga ditayangkan di kanal Youtube UNS.

Acara ini merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan oleh UNS. Tujuannya untuk memperkuat tali silaturahmi dan membangun nilai-nilai kebersamaan. Serta kekeluargaan seluruh sivitas akademika UNS.

Menteri Pendidikan Nasional 2009-2014, Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA hadir sebagai penceramah silaturahmi Idulfitri. Muhammad Nuh saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Wakaf Indonesia.

Baca juga: Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Diawali dengan pembacaan Al-Qur`an oleh mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNS, Muhammad Hadziq Munajih. Lalu sambutan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho yang menyebutkan bahwa Idulfitri tahun ini istimea. Karena bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih yang dirayakan umat Kristen.

“Peristiwa ini menandakan kebesaran Allah Tuhan Yang Maha Esa. Ingin umatnya hidup berdampingan, mempererat tali silaturahmi dan menjaga sikap toleransi antar umat,” kata Prof. Jamal.

Selain bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih, Idulfitri 1442 H merupakan tahun kedua di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, puasa tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Umat muslim tidak hanya beribadah puasa dan amalan pendukung lainnya tetapi juga menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Habis Lebaran, Siaga Covid-19 Klaster Keluarga

Kembali Fitri

Prof. Jamal menjelaskan bahwa kemampuan dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi merupakan buah dari asupan nutrisi keimanan dan ketaqwaan. Ramadan telah membawa keberkahan dengan mengajarkan umat muslim untuk senantiasa bersikap istiqomah dalam menjalani kehidupan. Sama halnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, manusia harus istiqomah dalam kepatuhan guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

“Manifestasi kesalehan tanda kita kembali fitri adalah jika kita mematuhi anjuran pemerintah. Yakni menjaga jarak fisik, memakai masker ke mana pun kita pergi, dan mencuci tangan. Termasuk tidak mudik atau pulang kampung saat Idulfitri,” imbuh Rektor UNS.

Baca juga: UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

Sebelum mengakhiri sambutannya, Prof. Jamal menegaskan bahwa esensi Idulfitri bukan tentang pulang kampung. Melainkan senantiasa menjaga hati agar tetap suci.

“Esensi Idulfitri itu sejatinya bukan di kampung halaman, akan tetapi di manapun tempatnya. Selagi hati kita benar-benar masih terjaga dari kesucian,” pungkasnya.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.