SOLOPOS.COM - Ilustrasi Popnas XIV 2017 Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Popnas XIV 2017 menghabiskan dana APBD Jateng Rp28 miliar.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengucurkan dana hingga Rp28 miliar untuk menggelar Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 di Jateng, 10-21 September mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Urip Sihabudin, menyebutkan dana sebesar itu diambilkan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jateng tahun 2017.

“Dana sebesar itu [Rp28 miliar] dikeluarkan Pemprov Jateng untuk penyelenggaran Porprov 2017, seperti mempersiapkan para atlet, pembukaan, dan venue-venue yang akan digunakan untuk kejuaraan. Untuk kebutuhan lainnya ditanggung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga [Kemenpora],” tutur Urip saat konferensi pers jelang Popnas 2017 Jateng di Kantor Disporapar Jateng, Semarang, beberapa waktu lalu.

Urip menambahkan dana sekitar Rp28 miliar untuk menggelar Popnas itu terbilang minim. Jika dibandingkan Popnas edisi sebelumnya yang digelar di Jawa Barat (Jabar), biaya yang dikeluarkan jauh lebih banyak.

“Saya kurang tahu pasti jumlah dana yang dikeluarkan Pemprov Jabar untuk menggelar Popnas 2015 lalu. Tapi, setahu saya dananya lebih besar dari sekarang. Kami memang lebih efisien dalam mengeluarkan dana untuk Popnas,” klaim Urip.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pembibitan dan Ilmu Pengetahuan Teknologi Kemenpora, Wasinto Galingging, menyebutkan selain dana dari Pemprov Jateng, untuk menggelar Popnas 2017, pihaknya juga mengucurkan dana sekitar Rp17 miliar.

“Dana Rp17 miliar dari Kemenpora digunakan untuk akomodasi para atlet dari luar Jateng. Jadi total dana yang dihabiskan untuk Popnas kali ini sekitar Rp35 miliar,” beber Wasinton.

Popnas XIV 2017 akan mempertandingkan 287 nomor dari 21 cabang olahraga (cabor). Selain 21 cabor yang dipertandingkan ada empat cabor yang juga dihelat, namun berstatus ekebisi, yakni anggar, panjat tebing, sepatu roda, dan wushu.

Popnas 2017 akan digelar di lima kabupaten dan kota di Jateng, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Grobogan, serta Kota Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya