Gelar Pilbup 2020, KPU Kendal Anggarkan Rp35,7 M

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal telah mengajukan permohonan anggaran mencapai Rp35,7 miliar untuk menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kendal 2020.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, mengatakan anggaran sebesar itu sudah diajukan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal dan akan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2019.

PromosiPeningkatan Ekspor Kopi Bisa Dimulai Dari Penanganan Masalah di Petani

“Sudah kita ajukan. Sekarang kita tinggal menunggu NPHD [Nota Perjanjian Hibah Daerah] ditandatangani. Harapan kami penandatanganan NPHD sudah bisa dilakukan paling lambat 1 Oktober nanti,” ujar Hevy kepada Semarangpos.com, Senin (19/8/2019).

Hevy mengatakan dana sekitar Rp35,7 miliar itu dirasa cukup membiayai pelaksanaan Pilkada 2019 di Kabupaten Kendal. Dana sebanyak itu nantinya akan digunakan untuk membiaya proses persiapan, sosialisasi, hingga pelaksanaan nanti.

“Dana sebanyak itu [Rp35,7 miliar] nanti digunakan untuk membiaya semuanya. Mulai dari honor badan adhoc, pengadaan barang dan jasa, hingga kegiatan bimbingan teknis,” imbuhnya.

Hevy menambahkan saat ini masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) terbaru, terkait pelaksanaan Pilkada 2019. PKPU itu saat ini masih dalam pembahasan KPU tingkat pusat dan dikabarkan baru terbit September nanti.

“Di PKPU yang baru itu akan memuat tentang tahapan-tahapan Pilkada serentak 2020. Kalau sudah ada tahapannya, kami akan langsung bergerak,” terangnya.

Pada Pemilu 2019 kemarin, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Kendal mencapai 778.630 orang. Jumlah ini diprediksi bakal mengalami kenaikan menyusul banyaknya pemilih baru yang sebelumnya tak bisa menggunakan hak pilih karena terganjal usia yang belum memenuhi persyaratan.

Pada Pilkada 2020 di Kendal nanti, hanya ada dua partai yang bisa mengusung calon sendiri, yakni PDIP dan PKB. Kedua partai pendukung Jokowi itu meraih kursi terbanyak pada Pileg 2019, masing-masing 10 kursi atau 22% dari total kursi yang ada di DPRD Jateng.

Sementara itu, Partai Gerindra yang mengusung petahan, Mirna Annisa, pada Pilkada sebelumnya, hanya meraih 6 kursi atau 13,3% dari total kursi yang diperebutkan di DPRD Kendal.

Dengan jumlah kursi sebanyak itu, Gerindra pun tak bisa mengusung sendiri wakilnya untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2019. Syarat partai bisa mengusung sendiri calon di Pilkada 2019, haruslah memiliki kursi paling sedikit 20% dari total kursi yang ada.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

BTS, Drake, hingga Olivia Rodrigo Pecahkan Rekor BBMA 2022

Selain BTS, ada penyanyi Olivia Rodrigo yang juga pecahkan rekor BBMA 2022 dengan tujuh penghargaan.

FKMK Gelar Kudus Festival di Jakarta, Belasan Makanan Khas Diboyong

Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Jabodetabek bakal kembali menggelar acara Kudus Festival untuk memamerkan budaya dan kuliner khas Kota Kretek.

Keistimewaan Purworejo, Kota Kelahiran Pejuang Bangsa Indonesia

Purworejo dijuluki sebagai Kota Pejuang karena kabupaten di Jawa Tengah ini merupakan tempat kelahiran deretan tokoh bangsa Indonesia.

Gunung Prau, Spot Golden Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

Gunung Prau yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan spot golden sunrise terbaik di Jawa Tengah.

13 Korban Meninggal, Begini Kronologi Kecelakaan Bus di Tol Surabaya

Puluhan korban kecelakaan bus di Km 712+400 Jalur A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) pada Senin (16/5/2022) pagi sekitar pukul 06.15 WIB dievakuasi ke sejumlah rumah sakit yang berbeda.

Sedikitnya 13 Orang Meninggal dalam Kecelakaan Bus di Tol Surabaya

Sedikitnya 13 orang meninggal dunia dan 12 orang luka saat Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 UW mengalami kecelakaan di KM 712+400 jalur A Tol Surabaya - Mojokerto,

Perkuat Ekosistem Digital, Penyaluran KUR BRI Tembus Rp88,99 Triliun

Hingga April 2022, realisasi penyaluran KUR BRI mencapai Rp88,99 triliun. Jumlah ini mencapai sekitar 34,32% dari total target penyaluran KUR tahun ini yang sebesar Rp260 triliun.

Pelajar Boyolali Diterima 7 Kampus Luar Negeri, Ayahnya Kuli Bangunan

Sosok pelajar SMA asal Teras, Boyolali, yang diterima di tujuh kampus luar negeri ternyata berasal dari keluarga sederhana.

Ma'ruf Amin Sambut Presiden Jokowi dari AS di Bandara Soekarno-Hatta

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pejabat Gubernur Banten Almuktabar, dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Vietnam U-23 Lebih Siap Bertemu Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Pelatih Timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo mengatakan belum pernah menyaksikan langsung pertandingan Malaysia di SEA Games 2021.

Pura-Pura Mau Beli, Warga Karangnongko Klaten Gondol Motor Showroom

Pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor di showroom yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten, Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditangkap polisi.

Joss! Pelajar SMA di Teras Boyolali Diterima di 7 Kampus Luar Negeri

Kisah inspiratif kali ini tentang seorang pelajar SMA asal Teras, Boyolali, diterima di tujuh kampus luar negeri.

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Shin Tae-yong Beberkan Strategi Indonesia ke Semifinal SEA Games 2021

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengatakan menyiapkan taktik khusus untuk melawan Myanmar.

Misteri Jembatan Jurug Solo: Bunga Tabur, Onggo-Inggi & Gundul Pringis

Jembatan Jurug Lama di Kota Solo konon menyimpan segudang kisah misteri.

Keren, Telkom Jadi BUMN Pertama Raih Sertifikasi Great Place to Work

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendapatkan sertifikasi Great Place to Work (GPTW) dari Great Place to Work Institute.