Gelar KKN di Sukoharjo, Mahasiswa UNS Ajak Warga Hidup Sehat dengan Hidroponik
Mahasiswa KKN UNS ajak masyarakat Desa Kenep, Sukoharjo bertanam sistem hidroponik (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO-- Universitas Sebelas Maret (UNS) telah menerjunkan para mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak 12 Januari 2021.

Para mahasiswa diterjunkan ke beberapa wilayah di Indonesia salah satu di Desa Kenep, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Desa wisata di Kabupaten Sukoharjo tersebut menjadi lokasi KKN kelompok KKN 115 UNS.

Anggota mahasiswa kelompok KKN UNS telah mengadakan berbagai kegiatan dengan tema Kesehatan Masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut dibentuk dengan latar belakang kondisi saat ini yang tengah dilanda pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hal Ini Yang Jadi Fokus Utama Etik-Agus Setelah Dilantik Jadi Bupati-Wabup Sukoharjo

Edukasi Masyarakat

Mahasiswa KKN UNS ajak masyarakat Desa Kenep, Sukoharjo untuk budi daya ikan lele dan kangkung.(Istimewa)
Mahasiswa KKN UNS ajak masyarakat Desa Kenep, Sukoharjo untuk budi daya ikan lele dan kangkung.(Istimewa)

Kegiatan itu bertujuan agar masyarakat  benar-benar menjaga kesehatan termasuk memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi agar terhindar dari Covid-19.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung masyarakat mengonsumsi makanan bergizi seperti edukasi dan penanaman tanaman dengan sistem hidroponik, budi daya ikan lele serta kangkung. Kegiatan ini telah dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kenep pada 1 Februari 2021 dan 4 Februari 2021.

“Kegiatan edukasi dan penanaman tanaman hidroponik serta budi daya ikan lele dan kangkung ini kami laksanakan dengan tujuan agar mayarakat dapat mengonsumsi sayuran yang ditanam sendiri sehingga asupan gizi masyarakat dapat terjaga di tengah pandemi ini,” ujar Tegar Satrio Sembodo selaku Ketua Kelompok KKN 115 UNS, Kamis (4/2/2021) dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Di RSUD Sukoharjo Jauh Berkurang, Separuh Lebih Bed Isolasi Kosong

Mahasiswa KKN UNS di Desa Kenep, Sukoaharjo, membantu pemerintah untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.(Istimewa)
Mahasiswa KKN UNS di Desa Kenep, Sukoaharjo, membantu pemerintah untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.(Istimewa)

Selain kegiatan tersebut kelompok 115 juga menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat melalui kerja sama dengan petugas kesehatan di Posyandu serta membantu kegiatan masyarakat seperti bersih desa.

Tegar berharap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Sukoharjo khususnya di Kelurahan Kenep untuk memutus dan mencegah penyebaran Covid-19.



Berita Terkini Lainnya








Kolom