Gelar Festival Agustus Merdeka, Pemkab Wonogiri Siapkan Rp400 juta

Festival Agustus Merdeka 77 merupakan komitmen Pemkab Wonogiri untuk mengembalikan keadaan menjadi normal setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19.

 Kemeriahan penonton saat menonton grup musik OM PNS yang tampil di panggung Festival Agustus Merdeka 77 di Alun-alun Giri Krida Bakti, Kamis (4/8/2022). Pemkab menggelontorkan anggaran sekitar Rp400 juta untuk menggelar festival yang diadakan 1-13 Agustus 2022.(Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Kemeriahan penonton saat menonton grup musik OM PNS yang tampil di panggung Festival Agustus Merdeka 77 di Alun-alun Giri Krida Bakti, Kamis (4/8/2022). Pemkab menggelontorkan anggaran sekitar Rp400 juta untuk menggelar festival yang diadakan 1-13 Agustus 2022.(Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelontorkan anggaran Rp350 juta-Rp400 juta untuk mengadakan Festival Agustus Merdeka 77 di Alun-alun Giri Krida Bakti, 1-13 Agustus 2022.

Panggung permanen di Alun-alun Giri Krida Bakti pun disulap sedemikian rupa untuk menjadi pusat kegiatan festival.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Beragam kegiatan seperti pentas seni, drumband anak sekolah, kesenian tradisional, penampilan grup musik lokal, hingga mendatangkan artis ibukota Padi Reborn akan tersaji dalam festival tersebut.

“Pemerintah daerah Wonogiri mengalokasikan anggaran sekitar Rp350 juta-Rp450 juta untuk seluruh rangkaian kegiatan Festival Agustus Merdeka 77 di Alun-alun Giri Krida Bakti. Selain itu, tentu kami juga ada dukungan dari sponsor-sponsor,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat ditemui Solopos.com di GOR Giri Mandala Wonogiri, Jumat (5/8/2022).

Dia menjelaskan Festival Agustus Merdeka 77 yang diadakan selama dua pekan itu merupakan komitmen Pemkab Wonogiri untuk mengembalikan keadaan menjadi normal setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19. Festival ini akan berdampak luar biasa bagi masyarakat.

Baca Juga: Seru! Warga Wonogiri Berjingkrak Bersama di Festival Agustus Merdeka

Masyarakat akan kembali percaya diri dalam menjalankan aktivitas. Perekonomian juga dinilai akan kembali menggeliat di Kota Sukses tersebut.

“Anggaran yang kami keluarkan tidak seimbang [tidak seberapa] dengan dampak yang akan dirasakan masyarakat. Menurut kami kegiatan ini akan memunculkan multiplayer effect yang luar biasa, membangun optimisme publik. Kita harus segera mempersiapkan diri menuju kenormalan baru,” ujar Jekek, sapaan akrabnya.

Sejumlah warga menyambut baik upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Terlebih Pemkab Wonogiri berani mengundang artis ibukota Padi Reborn. Kedatangan grup musik itu juga dinilai akan menggeliatkan kembali perekonomian warga setelah sempat terpuruk karena Covid-19.

Salah seorang warga asal Giripurwo, Wonogiri, Gustav, mengatakan sangat mendukung kegiatan pemerintah untuk mengembalikan optimisme warga setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19. Selain sebagai hiburan warga, Festival Agustus Merdeka 77 juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Wonogiri.

“Saya mendukung dan menyambut baik upaya Pemkab Wonogiri mengadakan festival itu. Apalagi pemerintah juga mengundang Padi Reborn. Jarang sekali pemerintah daerah Wonogiri mengundang artis ibukota. Biasanya band-band besar tampil di Wonogiri karena diundang oleh sekolah-sekolah,” kata Gustav, kepada Solopos.com, Minggu (7/8/2022) .

Hal serupa diungkapkan perempuan asal Kecamatan asal Wuryantoro, Wonogiri, Aminah Permata. Dia menuturkan baru sekali datang pada rangkaian acara Festival Agustus Merdeka 77.

Dia akan kembali ke alun-alun yang terletak di depan Pendopo Rumah Bupati Wonogiri itu saat Padi Reborn manggung. Bahkan dia sudah mempersiapkan hal tersebut jauh hari dengan cara menghafalkan lagu-lagu Padi Reborn.

“Kebetulan saya suka lagu-lagu band tahun 2000-an dan masih suka lagu-lagunya Padi Reborn. Ini mau saya dengarkan lagi biar nanti pas nonton bisa nyanyi bareng,” kata perempuan yang bekerja di salah satu pabrik tekstil di Ngadirojo, Wonogiri.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Polisi Boyolali Tetap Menilang di Tepi Jalan jika Melihat Pelanggaran Langsung

      Polres Boyolali menggunakan ETLE dalam Operasi Zebra 2022, namun tidak menutup kemungkinan tetap melakukan penilangan di tepi jalan jika ada pengendara yang melanggar peraturan secara langsung.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Karanganyar Hari Ini (7/10/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Karanganyar, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 7 Oktober 2022.

      Agenda Solo Hari Ini: Salat Gaib di Masjid Agung hingga Festival Awul-Awul

      Agenda Kota Solo hari ini, Jumat (7//10/2022), akan ada Salat Gaib di Masjid Agung, festival thrifting atau awul-awul, hingga wayang orang di Sriwedari.

      Berubah-Ubah, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Cerah Berawan lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Jumat (7/10/2022) diprediksi berawan sejak pagi kemudian hujan dengan intensitas sedang.

      Bawa Payung Ya! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Mulai Hujan sejak Pagi

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Jumat (7/10/2022), diprediksi dimulai dengan berawan kemudian hujan saat siang dan sore hari.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 7 Oktober 2022, Cerah Berawan Lalu Hujan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (7/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 7 Oktober 2022, Hujan Mulai Pukul 4 Sore

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (7/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Gerimis Siang dan Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 7 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Solo Siap-Siap Hujan Lagi Sore Ini, Simak Prakiraan Cuaca BMKG Jumat 7 Oktober

      Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG akan hujan lagi pada sore hingga malam hari Jumat (7/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Gerimis Siang-Berawan Tebal Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 7 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Tak Main-Main, FPDIP Upayakan Rp80 Miliar dari APBD Solo untuk Masjid Sriwedari

      Fraksi PDIP DPRD Solo tidak main-main dalam mengupayakan anggaran untuk penyelesaian pembangunan Masjid Sriwedari yang sudah dua tahun mangkrak.

      Diresmikan 17 November, Utusan Presiden UEA Cek Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

      Utusan dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dalam waktu dekat akan datang mengecek progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, sebelum diresmikan 17 November nanti.

      Lengkap dan Nyaman, Ini Daftar Hotel di Dekat Stasiun Gawok Sukoharjo

      Rincian hotel yang berada di dekat Stasiun Gawok, Sukoharjo.

      Omzet Anjlok, Pemilik Toko Dekat Jembatan Mojo Solo Ingin Proyek Cepat Kelar

      Kalangan pemilik toko di Jl Kyai Mojo mengeluhkan omzet turun drastis sejak Jembatan Mojo, Solo, ditutup untuk perbaikan, Senin (26/9/2022) lalu.

      Upaya Diversifikasi Pangan, DPRD Boyolali Dukung Selodoko Jadi Sentra Alpukat

      DPRD Boyolali mengapresiasi program diversifikasi pangan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, lewat penanaman alpukat kalibening.

      8 Tujuan Pengelolaan Dana Bergulir Masyarakat oleh BUMDes Bersama di Wonogiri

      Kabupaten Wonogiri memiliki 23 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama hingga sekarang.