SOLOPOS.COM - KGPAA Paku Alam IX (baju putih motif bunga-bunga) memberikan ucapan selamat kepada Menteri Perdagangan Gita Wirjawan seusai menerima gelar dan kepangkatan dari Kadipaten Pura Pakualaman dalam tradisi Tingalan Wiyosan Dalem KGPAA Paku Alam IX ke 78 tahun Jawi atau peringatan ulang tahun Sri Paduka Pakualam IX ke 78 dalam penanggalan Jawa di Bangsal Sewatama, Kadipaten Pura Pakualaman,Jogja, Kamis (09/01/2014). Dalam acara Gita Wirjawan mendapatkan gelar dan nama baru Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Djojonegoro dengan pangkat Bupati Sepuh. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mejadi salah satu orang penerima gelar kebangsawanan dari Pakualaman. Bertepatan dengan ulang tahun KGPAA Paku Alam IX ke-78, Gita resmi menjabat bupati sepuh dengan sebutan KRT Djojonegoro.

Total ada 87 orang yang mendapatkan gelar dari KGPAA Paku Alam IX. Rinciannya, 71 orang mendapatkan gelar baru, sementara 16 orang lainnya mendapatkan kenaikan pangkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Total ada 87 orang yang menerima penganugrahan itu, termasuk juga di dalamnya Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo,” kata Kusumo Parastho, selaku perwakilan dari Pakualaman untuk urusan Pambudidoyo (pemberdayaan masyarakat), ketika ditemui di sela-sela acara, Kamis (9/1).

Pemberian gelar Gita Wiryawan itu diajukan oleh hudyana/kerabat Pakualaman di Jakarta. Adapun prosesnya pun berlangsung lama dan bukan hanya serta merta popularitas dia sebagai salah satu peserta konvesi calon presiden dari Partai Demokrat. “Usulan itu sudah sejak lama, dan mungkin enam bulanan ada. Tapi jika dilihat dari kemampuan dia sangat berpotensi dan masuk dalam kriteria untuk mendapatkan gelar itu,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya