SOLOPOS.COM - ilustrasi (ceritamu.com)

ilustrasi (ceritamu.com)

Sragen (Solopos.com)–Mantan Kepala Desa (Kades) Brangkal, Gemolong, Guntur Suprapto, ditahan jajaran Polsek Gemolong lantaran diduga menggelapkan sertifikat tanah atas nama Jumiyem, warga Brangkal, Gemolong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tersangka yang menjadi Kades pada periode 2002-2007 itu dijerat Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman kurungan 4 tahun penjara. Kapolsek Gemolong, AKP Sri Wahyuni, didampingi Kanitreskrim, Aiptu Aji Wiyono, saat ditemui Espos, Kamis (23/6/2011), menerangkan tersangka mulai ditahan pada Rabu (22/6/2011).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan sertifikat milik Jumiyem itu sedianya akan dibalik nama oleh Suroto, warga Somomorodukuh, Plupuh. Dalam laporannya, jelas Kapolsek, Suroto mengaku  meminta Guntur, yang saat itu masih menjabat Kades, untuk menyertifikatkan tanah tersebut atas nama dirinya. “Permohonan sudah diajukan sejak Desember 2004. Namun hingga kini sertifikat belum jadi-jadi. Akhirnya korban melaporkan kasus ini Senin (20/6/2011) lalu,” ujarnya mewakili Kapolres Sragen, AKBP IB Putra Mahendra.

Dalam pemeriksaan, lanjut AKP Sri Wahyuni, tersangka mengaku membawa lari uang milik Suroto untuk dijadikan agunan dalam arisan motor. ”Tersangka menggunakannya untuk jaminan arisan motor di Pungsari, Plupuh, tahun 2005 silam senilai Rp 17 juta. Jadi sertifikat memang belum diurus sama sekali,” jelasnya.

Pihaknya saat ini masih mengembangkan motif di balik peristiwa tersebut. Indikasi sementara, sambung Kapolsek, tersangka tidak memiliki uang untuk menutup biaya jaminan arisan motor. ”Kalau ikut arisan motor kan harus ada jaminan awalnya. Mungkin saat itu tersangka lagi butuh duit secepatnya,” tandas Kapolsek.

(m99)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya