SOLOPOS.COM - Ilustrasi demam (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah gejala Covid-19 yang banyak ditemukan di India. Sebagaimana diketahui negara ini mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang parah.

Salah satu pemicunya adalah varian baru B1617 yang mengandung mutan ganda diyakini sehingga lebih menular. Apa sajakah gejala Covid-19 yang ditemukan di India? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasus positif Covid-19 yang dilaporkan dalam beberapa hari terakhir mencapai lebih dari 250.000 kasus. Korban meninggal karena Covid-19 juga terus naik.

Mengutip laman Zee News dan detikcom, Rabu (21/4/2021), ditemukan ada 7 gejala Covid-19 yang paling banyak dikeluhkan pada lonjakan kasus Covid-19 di India kali ini. Sebagian di antaranya disebut sebagai gejala baru.

Baca Juga: Mengapa Ada Wanita Bersuara Berat Seperti Pria? Ini Penyebabnya

Berikut ini gejala Covid-19 yang ditemukan di India:

1. Sakit tenggorokan

Para pasien Corona di India merasakan tenggorokan terasa gatal atau merasa ada pembengkakan bisa menjadi indikator sakit tenggorokan, yang merupakan salah satu gejala infeksi Covid-19 yang paling umum. Gejala ini telah terlihat di lebih dari 52 persen kasus di seluruh dunia.

2. Kelelahan

Para ahli di Inggris telah mengungkapkan bahwa banyak pasien Covid-19 yang melaporkan kondisi kelelahan sebagai salah satu tanda awal infeksi Corona. Banyak orang telah melaporkan tanda-tanda kelelahan sebelum dinyatakan positif terkena virus.

3. Pusing

Banyak orang melaporkan bahwa mereka telah mengalami gejala neurologis dari infeksi Covid-19 seperti pusing, kelelahan, malaise, dan mual. Kasus yang sama juga ditemukan di India.

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah sekarang dipandang sebagai tanda infeksi Covid-19 pada tahap awal. Gejala Covid-19 ini juga ditemukan di India.

5. Nyeri otot

Para dokter mengungkapkan bahwa banyak orang yang dites positif Covid-19 mengalami nyeri tubuh, sendi, dan otot yang menyiksa. Penyebab utama nyeri otot dan tubuh adalah mialgia, yang disebabkan oleh virus Corona yang menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting di tubuh. Hal yang sama ditemukan pada pasien di India.

Baca Juga: 2 Tanda Kekurangan Vitamin B12 Ini Bisa Dilihat Di Wajah

6. Demam dan menggigil

Jika mengalami kedinginan yang ekstrem dan pilek yang tidak biasa, itu bisa menjadi tanda bahwa telah terinfeksi virus Corona. Demam dan menggigil merupakan gejala umum dalam kasus virus mutan. Gejala ini juga ditemukan di India.

7. Tidak ada produksi air liur

Gejala Covid-19 yang ditemukan di India lainnya adalah tidak ada produksi air liur. Dalam kondisi ini tubuh gagal memproduksi air liur sebagaimana mestinya. Para ahli meyakini air liur seharusnya berfungsi melindungi area mulut dari keberadaan dari bakteri jahat.

Baca Juga: Ini Penyebab Pecandu Narkoba Bisa Kambuh Lagi

Orang dengan gejala ini biasanya akan merasa kesulitan mengunyah makanan atau berbicara dengan baik.

Ahli epidemiologi genetik di King's College London, Profesor Tim Spector mengatakan, satu dari lima orang dengan Covid-19 muncul dengan gejala yang kurang umum yang tidak masuk dalam daftar resmi Public Health England (PHE). Selain itu, ia juga melihat peningkatan jumlah Covid-19 tongue pada pasien Covid-19 dan sariawan yang aneh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya