Geger Teror Ranjau Paku, Ini Tips Menghindarinya
Ilustrasi ranjau paku. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO - Masyarakat Solo geger dengan penemuan ranjau paku di Flyover Manahan. Bagaimana tips menghindari teror tersebut?

Tak perlu khawatir, Koordinator Tim Sapu Bersih alias Saber, penyapu ranjau paku di Jakarta, Abdul Rohim membeberkan tips menghindari ranjau paku ini. Dia mengatakan, kecepatan dalam berkendara sangat berpengaruh dalam kerusakan yang diakibatkan ranjau paku.

Minyak Goreng Ilegal Ribuan Botol Dirampas dan Dimusnahkan Dari Pabrik di Karanganyar

"Kalau ngebut, ranjau paku mudah menancap ke ban kendaraan jika terlindas," ujar Rohim dilansir Liputan6.com, 8 Juli 2018 lalu.

Semakin cepat Anda berkendara, paku yang terlindas akan berdiri sehingga mudah menancap ke ban kendaraan bermotor Anda. Abdul Rohim meminta masyarakat agar berkendara secara perlahan terutama di daerah yang terkenal rawan ranjau paku.

Terungkap! 5 Santri dan Kiai Grobogan Tenggelam di Kubangan Tambang Legal

"Kalau lihat plastik, sandal, atau sampah di jalan raya sebaiknya jangan dilindas karena bisa berisi paku, saat melewati jalan berlubang juga sebaiknya pelan-pelan," imbuhnya.

Untuk lebih jelasnya, simak tips menghindari ranjau paku ala Reksrimum Metro Polri, yang diinfokan di laman resminya, reskrimum.metro.polri.go.id.

1. Jangan berjalan terlalu pinggir sebab biasanya paku tersebut ditebar di pinggir jalan.
2. Hindari menggilas sampah yang berserakan di jalanan, seperti korek api, bungkus rokok, atau bekas sandal. Sebab, sering kali ranjau pakau ditanam di sampah itu.
3. Bila sudah terkena ranjau paku, usahakan mencari tukang tambal ban yang penerangannya cukup. Sebab, tukang tambal ban yang nakal sering mengada-ada. Ban yang hanya bocor sedikit dibilang banyak, bahkan harus diganti dengan yang baru.
4. Bila harus mengganti ban dalam, lihat kondisinya dan tanyakan ukurannya sesuai atau tidak.
5. Ada baiknya selalu membawa ban dalam cadangan.

Mendikbud Nadiem Makarim: Tugas Utama Keluarga Saya Dulu

Teror Ranjau Paku di Solo

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, masyarakat Solo dibuat resah dengan keberadaan ranjau paku di jalanan Flyover Manahan. Hal ini membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Solo bergerak untuk menyisir di ruas jalan Flyover Manahan.

Seratusan ranjau paku ditemukan oleh Petugas Dishub Kota Solo, Selasa (10/3/2020). Dishub Solo menduga ranjau paku itu disebar oknum tak bertanggung jawab demi kepentingan tertentu.

Oknum Penyebar Ranjau Paku di Flyover Manahan Solo Tak Terekam CCTV, Kok Bisa?

Keberadaan ranjau paku diketahui berdasarkan laporan pengendara sepeda motor kepada anggota Dishub Solo yang berpatroli. Si pelapor melihat orang misterius menyebar paku di ruas jalan sekitar pukul 09.15 WIB.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho