SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Keaslian ijazah SMA milik calon presiden (capres) petahana, Joko Widodo alias, menjadi perdebatan di antara warganet. Perdebatan itu bermula kala pengguna akun Twitter @IreneViena dengan berani menyatakan rela mati dan masuk neraka jika benar Jokowi merupakan lulusan SMAN 6 Surakarta.

Ia menganggap Jokowi bukan merupakan lulusan SMAN 6 Surakarta karena menurutnya sekolah tersebut baru berdiri pada 1986. “Jika benar Presiden Joko Widodo adalah mantan siswa SMA 6 Surakarta pada antara tahun 1977 sampai 1982. Saya rela mati sekarang dan masuk neraka. Kok nekad? Ya nekad donk. SMAN 6 Surakarta baru ada tahun 1986. Jadi Jokowi SMAnya dimana? Emboh! Bukan urusanku!” kicaunya, Sabtu (12/1/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, berdasarkan lampiran berkas yang terdapat di laman resmi KPU, Jokowi memang bukan merupakan lulusan SMAN 6 Surakata, melainkan lulusan Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) yang merupakan cikal bakal SMAN 6 Surakata.

Berdasarkan data pada laman resmi SMAN 6 Solo, Sman6surakarta.sch.id, yang diakses pada Kamis (17/1/2019), SMAN 6 Surakarta berdiri pada 1975 dengan nama Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) Nomor 40 Surakarta.

Meski bernama SMPP, kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 1975 SMA. Baru pada 9 Agustus 1985, SMPP Surakarta berubah nama menjadi SMA Negeri 6 Surakarta yang digunakan sampai sekarang.

Meski demikian, pengguna akun Twitter @IreneViena masih getol menggaungkan bahwa capres nomor urut 01 itu memakai ijazah palsu dalam pencalonannya di Pilpres 2019. Dalam kicauan terbarunya, pengguna akun Twitter @IreneViena menuding KPU tak melakukan veriifkasi tehadap keaslian ijazah Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya