Gegara Uang Tertahan, Anggota KSP Sejahtera Bersama Solo Susah Berobat

Kisah pilu dan menyesakkan dialami anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo yang kesulitan berobat kanker gegara uang simpanan mereka tidak cair.

 Perwakilan anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo menggelar konferensi pers di salah satu rumah makan kawasan Manahan, Solo, Selasa (30/11/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

SOLOPOS.COM - Perwakilan anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo menggelar konferensi pers di salah satu rumah makan kawasan Manahan, Solo, Selasa (30/11/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Kisah sedih dialami anggota Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Sejahtera Bersama Regional Solo. Gara-gara dana simpanan yang tak kunjung cair sejak April 2020, kehidupan mereka di masa pandemi Covid-19 menjadi semakin sulit.

Sejumlah anggota bahkan harus menjual harta bendanya untuk biaya hidup dan pengobatan. Salah satu anggota KSP Sejahtera Bersama, Yusup Panca Nugroho, menceritakan kisah pilu rekannya yang menjadi korban keterlambatan pencairan dana simpanan tersebut.

PromosiPemajuan Demokrasi Butuh Budaya Politik Santun

Rekannya adalah salah satu anggota dengan simpanan cukup banyak di KSP, sekitar Rp570 juta. Uang senilai itu mestinya sangat membantu saat sang rekan mengalami kecelakaan tahun lalu. Tulang rusuknya patah sehingga harus dioperasi.

“Tak lama kemudian, teman saya didiagnosis mengidap kanker payudara yang membuatnya harus bolak-balik operasi,” ujar Yusup saat berbincang dengan Solopos.com di salah satu restoran kawasan Manahan, Solo, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Simpanan Rp270 M Tertahan, Anggota KSP Sejahtera Bersama Solo Beraksi

Deretan kejadian ini membuat kondisi perekonomian rekan Yusup itu mencapai titik nadir. Tak hanya itu, sang rekan yang anggota KSP Sejahtera Bersama Solo itu harus rutin kemoterapi yang menelan biaya tak sedikit.

Kondisi tersebut, imbuh Yusup, diperparah karena rekannya tak lagi bisa bekerja. “Harapannya ya hanya simpanannya itu. Namun sampai detik ini belum sepeser pun uangnya cair,” tutur Yusup dengan nada getir.

Untuk membiayai pengobatan dan kehidupan sehari-hari, anggota KSP tersebut telah menjual harta bendanya. Mobil yang biasa dikendarai sehari-hari terpaksa dijual.

Keputusan Homologasi

Keberanian Yusup memperjuangkan hak bersama belasan anggota lain hari itu tak lepas dari keinginannya membantu sang rekan. “Sebelum ikut aksi tadi, dia minta tolong saya sekali lagi untuk diuruskan [masalah pencairan simpanan],” ujarnya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Rilis SE Terbaru, Siap dengan Pembatasan Lebih Ketat?

Merujuk keputusan homologasi atau perdamaian yang disahkan pengadilan, anggota yang sakit atau meninggal dunia sejatinya diprioritaskan dalam pencairan tahap I senilai 4% dari total simpanan. Namun fakta di lapangan tak demikian.

Pejabat Humas Forum Anggota Koperasi Sejahtera Bersama (Fakta) Pusat, Frans Hartono, menyebut banyak anggota yang meninggal atau sakit yang hingga kini belum menerima pembayaran simpanan. “Cerita pilu di KSB Sejahtera Bersama sudah tak terhitung. Dari dokumentasi saya saja, ada sekitar 18 kisah menyesakkan karena simpanan di koperasi tak kunjung dicairkan.”

Selain menekan fisik dan mental anggota yang sedang sakit, Frans menyebut keterlambatan pencairan membebani para warga lanjut usia. “Banyak pensiunan yang usianya sepuh-sepuh menyimpan dana di koperasi. Mereka kini dalam ketidakpastian jaminan hari tua.”

Sebagaimana diberitakan, belasan anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo mendatangi kantor koperasi tersebut di wilayah Manahan, Solo, Selasa (30/11/2021). Mereka mengadakan aksi damai dan audiensi untuk menuntut pencairan uang simpanan mereka yang sudah jauh terlambat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.

Ini Bakpia Bayat Klaten yang Dipasarkan hingga Luar Jawa, Pernah Coba?

Di Dusun Winong, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, terdapat rumah produksi bakpia yang sudah merambah sampai luar Jawa.

Heboh Badarawuhi Di Film KKN Desa Penari, Di Solo Juga Ada Ular Mistis

Seperti kisah Badarawuhi, lelembut berwujud asli ular di film KKN Di Desa Penari, di Solo juga ada cerita rakyat mengenai kemunculan ular mistis di beberapa kesempatan.