Gegara Puntung Rokok, Rumah Warga Karangmojo Tasikmadu Ludes Terbakar

Nyaris semua perabotan di rumah Samiyati di Desa Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar, ludes dilalap api yang diduga berasal dari puntung rokok yang membakar kasur.

 Petugas pemadam kebakaran Karanganyar menyemprotkan air pada bara api di reruntuhan rumah milik Samiyati, di Dukuh Karangmojo, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar yang terbakar, Sabtu (4/12/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran Karanganyar menyemprotkan air pada bara api di reruntuhan rumah milik Samiyati, di Dukuh Karangmojo, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar yang terbakar, Sabtu (4/12/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Rumah milik Samiyati, di Dukuh Karangmojo, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, ludes terbakar, Sabtu (4/12/2021) siang. Diduga sumber api berasal dari bara puntung rokok yang menjalar ke kasur sebelum membakar seisi rumah.

Api juga membakar satu unit sepeda motor, lima sepeda onthel, lima almari, satu bufet, satu set meja kursi, dipan. Hampir semua perabotan di dalam rumah Samiyati tak terselamatkan.

Saat kejadian kebakaran, rumah dalam keadaan kosong. Samiyati sendiri sedang pergi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar menunggui cucunya yang dirawat akibat demam berdarah (DB). Kedua anak Samiyati yang tinggal di rumah itu pergi bekerja. Sedangkan salah satu anak Samiyati lainnya tinggal rumah berbeda.

Baca Juga: Bikin Kantong Jebol, Segini Harga Rumah di Colomadu Karanganyar

Samiyati mengatakan ia sebenarnya sudah mendapati salah satu kasurnya terbakar pada pagi hari. Ia menyebut api itu berasal dari puntung rokok salah satu anaknya yang merokok pada Jumat [3/12/2021] malam.

“Pagi-pagi saya sudah melihat kasur terbakar. Lalu saya sirami air supaya apinya padam. Kasur juga sudah saya bolak-balik supaya api benar-benar padam. Lalu rumah saya tinggal ke rumah sakit menunggui cucu saya yang sedang dirawat. Dua anak saya juga pergi. Malah saya dikabari rumah saya kebakaran,” ujarnya pasrah.

Musibah kebakaran kali pertama diketahui anak pertama Samiyati yang tinggal di sebelah rumah, Vanky Yuliono, sekitar pukul 12.30 WIB. Menurutnya, pada pagi tidak ada tanda-tanda rumah ibunya terbakar.

Baca Juga: Soal PSK yang Mangkal di Bolon, Satpol PP Minta Warga Aktif Siskamling

“Saya hanya dengar suara pletak-pletok dari rumah orang tua saya. Lalu saya keluar, ternyata api sudah sangat besar. Lalu saya panggil tetangga. Tapi saat itu juga sudah tidak bisa apa-apa kemudian ada yang panggil mobil pemadam kebakaran,” ujarnya.

Sejumlah mobil dan kru pemadam kebakaran dari Karanganyar pun datang ke lokasi untuk memadamkan api yang saat itu sudah meruntuhkan atap rumah.

Kepala Dusun Karangmojo, Ngimron, mengatakan akan berkoordinasi dengan ketua RT/RW dan kepala desa untuk membahas nasib keluarga Samiyati yang kini tidak memiliki tempat tinggal.

Baca Juga: Lahan Kosong Nyaris Habis, Pembangunan Perumahan di Jaten Stagnan

“Sementara Bu Samiyati dan kedua anaknya akan tinggal di rumah Mas Vanky. Kami habis ini akan rapat dengan Pak RT dan Pak RW serta pak Kades untuk membahas bagaimana kelanjutannya,” ujar Ngimron.

Berita Terkait

Espos Plus

Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

+ PLUS Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

Kesukaleraan menjalani rehabilitasi lebih efektif mengentaskan pencandu narkoba. Pendekatan hukum acap kali membuat pengguna narkoba tiarap dan enggan melaporkan diri ke institusi penerima wajib lapor.

Berita Terkini

Datangi Bengkel, Kapolsek Jatipurno Minta Aksesoris Motor Harus Standar

Kapolsek Jatipurno Wonogiri turun ke bengkel sepeda motor meminta pemilik bengkel tidak melayani pemasangan aksesoris motor tak sesuai standar.

Bupati Sukoharjo: Masyarakat Tak Perlu Takut Divaksin Booster!

Saat ini, BUpati mengungkapkan status Sukoharjo masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Tepergok Coret-Coret Pintu Toko di Solo, 2 Pelaku Vandalisme Ditangkap

Tim Sparta Polresta Solo menangkap dua pemuda yang tepergok tengah melakukan aksi coret-coret pintu bekas toko di Jl A Yani, Rabu (19/1/2022) dini hari.

Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini

Keberadaan Waduk Kedung Ombo menambah daya tarik Objek Wisata Gunung Kemukus di Sragen. Keindahan maksimal bisa dinikmati wisatawan saat air Waduk Kedung Ombo mencapai ketinggian puncak.

Kecemplung Kali Pas Naik Motor, Warga Trucuk Klaten Ditemukan Meninggal

Titik Dwi Sumiati, 60, warga Desa Gaden, Trucuk, Klaten, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Kali Kuning, Kecamatan Trucuk, Kamis (20/1/2022) malam.

Di Sukoharjo, Anak-Anak Diajak Naik Mobil Patroli Polisi Usai Divaksin

Adanya varian baru virus Covid-19 jenis Omicron menjadi tantangan bersama untuk menurunkan angka penularan dengan cara percepatan vaksinasi maupun penerapan protokol kesehatan.

Ini Rahasia Kenikmatan Seduhan Teh Kemuning

Cita rasa teh asli Kemuning, Karanganyar begitu sedap dan berbeda dari produk lain karena diolah dengan cara tradisional.

Sedapnya Teh Kemuning Karanganyar, Beda dari Pabrikan

Cita rasa teh tradisional dari perkebunan di Kemuning, Ngargoyoso, Jawa Tengah, amat sedap dan berbeda dengan buatan pabrik.

Ini Kronologi Motor Tukang Ojek Asal Jumapolo Dibawa Kabur Penumpang

Entah apa yang membuat Sabar Mualim, tukang ojek asal Matesih, Karanganyar, mau menyerahkan sepeda motornya dipinjam penumpang yang belakangan diketahui adalah penipu ini begitu saja.

Niat Cari Jalan Halus, 2 Truk Ini Terperosok ke Jalan Rusak di Sragen

Dua truk sarat muatan terperosok ke jalan yang rusak di Jl. Gabugan-Sumberlawang tepatnya di dekat SMPN 1 Tanon, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (21/1/2022).

Tega! Bukannya Bayar, Pengojek Solo-Karanganyar Bawa Kabur Motor Sabar

Sepeda motor milik tukang ojek asal Karanganyar, Sabar Mualim, 49, digondol penumpang saat mengantarkan dari Solo-Karanganyar, Kamis (20/1/2022).

Vaksinasi Booster di Wonogiri Menyasar Petugas Pelayanan Publik

Petugas pelayanan publik yang divaksinasi booster di Wonogiri seperti polisi, TNI, perangkat desa, dan pegawai instansi pemerintah.

Warga Lansia Ditemukan Meninggal Dunia di Parit Miri Sragen

Seorang warga lansia ditemukan meninggal dunia di parit Dukuh Sumberjo RT 013, Desa Girimargo, Kecamatan Miri, Sragen.

Berkat Jembatan Gantung, Warga Girpasang Bisa Keluar Kampung Malam Hari

Sebelum ada jembatan gantung, warga Girpasang tidak berani keluar malam karena jalan setapak di tepian jurang kondisinya  licin.

Meski Deg-Degan, Warga Girpasang Kini Bisa Bawa Pulang Motor ke Rumah

Selama ini, akses utama warga melewati jalan setapak di tepian jurang dan dikenal dengan nama 1.001 anak tangga.