SOLOPOS.COM - Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di area Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri. (M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta membikin harga tiket bus Wonogiri-Jakarta naik hampir 100 persen. Sebab, jumlah penumpang dalam bus dibatasi menjadi hanya setengah dari jumlah tempat duduk tersedia.

Staf operasional PO. Agra Mas, Utut Saptyo Wibowo, mengatakan Agra Mas menaikkan harga tiket bus jurusan Jabodetabek-Wonogiri dan sebaliknya sejak diberlakukan social distancing di dalam bus, Jumat (10/4/2020). Akibatnya, jika biasanya boleh menganggut 32 penumpang, sekarang hanya setengahnya atau 16 penumpang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu berimbas terhadap kenaikan harga tiket. Sebelumnya, harga tiket bus VIP Rp175.000 dan bus eksekutif Rp190.000. Saat ini, harga tiket bus VIP menjadi Rp310.000 dan bus eksekutif Rp350.000.

Lowker Solo, PT Konimex

"Menaikkan tarif bus bagi kami keputusan berat. Tarif tidak naik saja penumpang sepi, apalagi harga tiket dinaikkan. Tetapi jika kami tidak menaikkan tiket, biaya operasional kami tidak mencukupi. Saat ini kami hanya melayani masyarakat saja, keuntungan hampir tidak bisa didapatkan," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (13/4/2020).

Ia menjelaskan biasanya Agra Mas memberangkatkan armada sebanyak 30 bus. Lantaran sepi penumpang, per 1 April 2020, operator hanya memberangkatkan 7 bus.

Namun, sejak penerapan PSBB di Jakarta, Agra Mas memberangkatkan 10 bus per hari. Jumlah bus lebih banyak dari sebelumnya karena ada pembatasan penumpang.

Buah Sukun, Dulu untuk Budak Kini Jadi Makanan Masa Depan

"Jika kami tidak menerapkan social distancing di dalam bus, penumpang disuruh turun dan bus diperintahkan untuk balik, tidak boleh masuk ke Jakarta. Ada petugas Dishub yang mengecek di daerah perbatasan Bekasi-Jakarta, daerah Cikunir dan terminal tipe A di Jakarta," tutur Utut.

Hal senada juga disampaikan Kepala Devisi Marketing PO. Putra Mulya, Heri Prasetyo. Ia mengatakan Putra Mulya tidak memberangkatkan bus kelas eksekutif, hanya bus vip. Pada hari biasa harga tiket bus Wonogiri-Jakarta dan sebaliknya Rp175.000.

Faktor Kemanusiaan

Begini Foto Najwa Shihab Pas SMA, Pangling Enggak?

Namun, sejak Jakarta menerapkan PSBB, tarif Jakarta-Wonogiri Rp Rp225.000, sedangkan harga tiket Wonogiri-Jakarta Rp205.000.

"Kami sengaja tidak menaikkan herga tiket yang tinggi. Kami lebih mempertimbangkan faktor kemanusiaan. Dengan adanya pembatasan ini orang yang akan balik ke kampung halaman bisa mudik dengan harga bus yang terjangkau. Karena mereka sudah tidak bekerja, sehingga perekonomian menurun. Tidak ada keuntungan bagi PO kami, hanya cukup untuk operasional bus saja," kata Heri.

Warga Solo Klaim Temukan Jamu Penyembuh Covid-19, Sembuhkan 7 Pasien

Kepala Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan penerapan social distancing di dalam bus merupakan kebijakan Kementerian Perhubungan sebagai tindak lanjut penerapan PSBB di DKI Jakarta.

Selain mengurangi jumlah penumpang di dalam bus, sopir dan kru bus serta penumpang diwajibkan menggunakan masker. Ketentuan tersebut berlaku untuk bus AKAP yang memasuki wilayah Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya