SOLOPOS.COM - Polisi memeriksa sebagian rumah milik Pardi, warga Gabus yang terbakar, Kamis (8/10/2020). (Istimewa/Polsek Gabus)

Solopos.com, PURWODADI -- Kebakaran rumah terjadi di Desa Kalipang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Kamis (8/10/2020). Selain rumah milik Pardi, 65, kandang sapi di dekat rumah juga ikut terbakar dalam kejadian tersebut.

Informasi yang dihimpun, Kamis, peristiwa kebakaran diketahu ketika Zainuri, 57, melihat ada kobaran api di rumah Pardi, warga RT 03 RW 02 Desa Kalipang. Saksi melihat api di bagian belakang kandang sapi sekitar pukul 09.30 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melihat hal itu, Zainuri pun berteriak kebakaran agar didengar warga sekitar lokasi kejadian. Warga yang mendengar teriakan tersebut segera mendatangi rumah Pardi. Namun, kobaran api sudah semakin membesar.

Demo Tolak Omnibus Law di DPRD Jateng Rusuh, 269 Orang Ditangkap

Warga pun berupaya memadamkan api di kandang sapi tersebut. Kejadian tersebut juga segera dilaporkan ke perangkat Desa Kalipang. Kepala Desa Kalipang, Supriyanto, 50, segera melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Gabus.

“Kami dari Polsek Gabus setelah menerima laporan, langsung menuju ke lokasi kejadian. Polisi bersama warga berupaya memadamkan api. Api akhirnya dapat dipadamkan. Hanya saja kandang sapi milik Pardi ludes terbakar. Sementara api sempat membakar sebagian rumahnya," jelas Iptu Sunarto, Kapolsek Gabus.

Ini Identitas Pejalan Kaki Yang Ditabrak Bus & Innova di Madiun

Waspada Kebakaran

Polisi meminta keterangan sejumlah saksi termasuk pemilik rumah. Menurut Iptu Sunarto, pemilik rumah mengaku saat kejadian sedang berada di sawah. Sehingga saat itu rumah dalam kondisi kosong.

Selain itu, lanjut Kapolsek Gabus, berdasarkan keterangan korban, ternyata sebelum meninggalkan rumah dia menyalakan perapian pengusir nyamuk di kandang sapi.

“Diduga ada percikan api yang menyambar tumpukan jerami di kandang sapi tersebut. Ini juga dikuatkan hasil olah tempat kejadian perkara [TKP]. Titik api awal berasal dari kandang sapi," jelas Iptu Sunarto.

Massa Pengunjuk Rasa Bubar, Bundaran Kartasura Kembali Dibuka

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hanya kandang sapi yang luder terbakar dan sebagian bangunan rumah yang tersambar api. Kerugian ditaksir mencapai Rp15 juta.

"Kita mengimbau kepada warga, khususnya di wilayah hukum Polsek Gabus agar berhati-hati dan tetap waspada kemungkinan terjadinya kebakaran. Oleh karena itu usahakan sebelum meninggalkan rumah. Periksa ulang, apakah sudah mematikan kompor atau peralatan listrik yang dapat memicu terjadinya kebakaran atau belum," imbuh Iptu Sunarto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya