SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Rina Iriani (dok)

Bupati Karanganyar, Rina Iriani (ard/dok)

KARANGANYAR--Gedung perpustakaan “Masako” di SDN 02 Ngemplak, Kecamatan Karangpandan diresmikan langsung Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, Sabtu (16/6/2012). Pembangunan gedung perpustakaan itu bantuan dari keluarga Nakshima Yasuhumi dari Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Pusat Pelatihan Organization for Industrial Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) Karanganyar, Mulyono Herlambang, mengungkapkan pihaknya mengajukan proposal bantuan pembangunan gedung perpustakaan kepada pendiri OISCA Internasional tersebut. “Istri Nakshima Yasuhimi, Masako ingin membantu pembangunan gedung perpustakaan makanya diberi nama “Masako”. Mereka juga sering membantu sekolah lain di seluruh dunia,” katanya saat ditemui wartawan, Sabtu pagi.

Gedung tersebut berukuran 14 m x 8 m yang berisi berbagai macam buku pengetahuan umum dan pelajaran sekolah. Dia mengharapkan keberadaan perpustakaan tersebut dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Mulyono menjelaskan pihaknya melakukan kerjasama dengan SDN 02 Ngemplak di bidang lingkungan hidup sejak tahun 1994. Setiap siswa diajarkan untuk melestarikan lingkungan dengan menanam bibit pohon di lingkungan sekolah. “Kami tidak tahu total biaya pembangunannya karena dilaksanakan langsung oleh keluarga Nakshima,” jelasnya.

Ada tiga program pokok yang sedang dikembangkan OISCA Karanganyar yakni pelatihan pertanian, pelestarian lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan. Selama ini, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Pemkab Karanganyar di bidang lingkungan hidup. OISCA melakukan penanaman pohon sekitar 35 hektare di Desa Segara Gunung, Kecamatan Ngargoyoso sejak lima tahun lalu.

Sementara Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, menambahkan fasilitas sekolah itu semestinya dapat membantu proses KBM. Para siswa diminta untuk membaca buku yang terdapat di perpustakaan. Sehingga para siswa dapat menambah pengetahuan dan wawasannya. “Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang prestasi pendidikan,” tambah Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya