SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Kota Solo masuk dalam 10 besar kota dengan gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia. Hal ini berdasar kajian komunitas arsitek dan pecinta gedung pencakar langit yang tergabung dalam Skyscrapercity—SSC. Diungkapkan Ketua Skyscrapercity Solo Raya Indra Putro Bawono di sela acara National Gathering III SSC di Solo Paragon Hotel, Sabtu (30/6), selain sejumlah gedung pencakar langit yang telah ada di Kota Solo seperti Solo Paragon Hotel, Hotel Sahid Jaya Solo dan Solo Center Point, pada tahun ini ada beberapa hotel dan rumah sakit yang akan dibangun dengan ketinggian di atas 12 lantai.

Di antaranya Santika hotel dengan 15 lantai, Four Point Hotel dengan 28 lantai, Holiday in Express dengan 14 lantai, dan 2 rumah sakit di wilayah Solo Baru dan Jajar. Menurut Indra, keberadaan gedung pencakar langit, merupakan salah satu indikator kemajuan kota. Hal ini tidak dapat dihindari, sebab Solo terletak dikawasan startegis Jogja, Solo dan Semarang. Terlebih dalam waktu dekat, akan dibuka jalan tol Solo-Semarang dan Solo-Mantingan. Indra menambahkan, selain mempercantik kota, gedung pencakar langit juga menjadi magnet untuk menarik arus investasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, Direktur Operasional PT Sunindo Gapura Prima Budianto Wiharto berpendapat, salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan adalah dengan pembangunan gedung bertingkat atau vertikal. Namun,  selain izin dari otoritas pemerintah, hal yang perlu diperhatikan dalam membangun gedung bertingkat adalah soal dampak terhadap lingkungan (AMDAL). [SPFM/dev]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya