Gedung Parkir Ketandan Dekat Pasar Gede Solo Diresmikan, Cek Tarifnya

Gedung parkir Ketandan yang berlokasi di arah tenggara dari Pasar Gede Solo sudah diresmikan pekan lalu oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan siap digunakan.

 Peresmian Gedung Parkir Ketandan di Jl RE Martadinata, tepatnya di arah tenggara Pasar Gede Solo, Jumat (5/8/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Peresmian Gedung Parkir Ketandan di Jl RE Martadinata, tepatnya di arah tenggara Pasar Gede Solo, Jumat (5/8/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan Gedung Parkir Ketandan di Jl RE Martadinata, tepatnya di arah tenggara Pasar Gede Solo, Jumat (5/8/2022). Tarif parkirnya ditetapkan untuk sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp3.000.

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yulianto Nugroho, menjelaskan telah melakukan uji coba gedung parkir baru itu pada Jumat (29/7/2022) atau sepekan sebelum diresmikan.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Latar belakang pembangunan gedung parkir adalah bangkitan parkir di Jl RE Martadinata yang semakin tinggi untuk mendukung perekonomian di kawasan Pasar Gede Solo. Keberadaan lokasi parkir di tepi jalan kawasan Pasar Gede mengurangi kapasitas ruang jalan dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

“Tujuan digabangun untuk memberikan kejelasan dan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh ruang parkir  dan untuk mengurangi permasalahan lalu lintas akibat parkir di tepi jalan,” kata Yuli kepada Solopos.com.

Menurut dia, Gedung Parkir Ketandan Solo memiliki luas 1.102 meter persegi dengan ketinggian bangunan 14 meter. Ada empat lantai untuk parkir kendaraan roda dua dan empat.

Baca Juga: Selesai Dibangun, Gedung Parkir Ketandan Solo Mulai Dioperasikan

Masing-masing lantai I dengan kapasitas 18 satuan ruang parkir (SRP) kendaraan roda empat dan tiga SRP kendaraan khusus disabilitas. Selanjutnya lantai II dengan kapasitas parkir 234 SRP kendaraan roda dua.

Tarif Murah

Lantai III dan lantai IV memiliki kapasitas 255 SRP kendaraan roda dua. Ada sejumlah fasilitas yang disediakan Dishub Kota Solo di antaranya lift, tangga, dua gate parkir untuk in out kendaraan roda empat beserta petugasnya.

Selanjutnya dua gate parkir untuk in out kendaraan roda dua beserta petugasnya dan petugas yang mengarahkan pengendara menuju ruang perkir yang tersedia di Gedung Parkir Ketandan Solo.

Baca Juga: Pemkot Solo Uji Coba Sepeda Motor Wajib Parkir di Gedung Parkir

“Kami bersama pemangku wilayah kelurahan melakukan sosialisasi supaya masyarakat yang akan berkunjung pertokoan Jl RE Martadinata maupun Pasar Gede memanfaatkan fasilitas ini dengan tarif murah,” jelas Yuli.

Dia menjelaskan tarif parkir sepeda motor Rp2.000 dan tarif parkir mobil Rp3.000. Keduanya dikenakan tarif progresif. Sementara bagi karyawan toko tarif flat.

Dishub Solo telah mendata data kendaraan roda dua para karyawan toko di Jl RE Martadinata. Menurut Yuli, operasional gedung parkir mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB setiap hari.

Baca Juga: Parkir Gratis Disiapkan untuk Penutupan APG 2022 di Solo, Ini Lokasinya

Dishub Kota Solo berfokus pada sosialisasi sampai akhir tahun dan mengoptimalkan fasilitas parkir mulai tahun depan. Salah satunya dengan pengelolaan yang akan dilelang kepada pihak ketiga.

Jalur Pejalan Kaki

“Kami menerapkan Jl RE Martadinata ini dulu dalam waktu satu bulan penuh ini supaya masyarakatnya memanfaatkan gedung parkir. Kami juga menyampaikan kepada Pasar Gede. Silahkan memakai gedung parkir ini. Mangga,” paparnya.

Dia mengatakan para pedagang maupun pengunjung di Pasar Gede Solo berjalan kaki beberapa meter untuk dapat mengakses gedung parkir Ketandan. Dishub Kota Solo telah bersurat kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo supaya meningkatkan jalur pejalan kaki.

Baca Juga: Closing Ceremony APG 2022, Warga Diimbau Naik Motor ke Manahan Solo

“Jalur pedestrian ditingkatkan supaya lebih nyaman, citywalk representatif untuk pejalan kaki,” paparnya. Peresmian gedung parkir itu ditandai dengan memotong rangkaian kembang pada pintu masuk area parkir oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Hadir pula mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno yang memasuki masa purna tugas per Agustus 2022.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ditabrak Mobil di Jl. Solo-Jogja, Bocah Asal Tegalgondo Klaten Meninggal Dunia

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda kayuh dan mobil terjadi di ruas jalan raya Solo-Jogja, Desa Wadunggetas, Kecamatan Wonosari, Minggu (25/9/2022) siang.

      Kronologi Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Jendela Rumah sampai Bergetar

      Ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, cukup keras hingga mengakibatkan jendela rumah bergetar.

      Bum! Ada Ledakan di Asrama Brimob Telukan Grogol Sukoharjo, 1 Polisi Terluka

      Satu orang terluka akibat ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang.

      Tanah Tiba-Tiba Ambles, Warga Mayungan Klaten Terperosok ke Dasar Sumur

      Sukisno, 79, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen berhasil diselamatkan tim gabungan setelah tercebur sumur sedalam 13 meter, Minggu (25/9/2022).

      Menelisik Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo sampai Jadi Rica-Rica Gukguk

      Rantai bisnis perdagangan anjing di Kota Solo, mulai dari pengiriman sampai menjadi rica-rica gukguk yang tersaji di meja warung, berlangsung senyap dan cepat.

      Munculnya Hutan Kamboja di Klaten Ternyata Berawal dari Ketidaksengajaan

      Kabupaten Klaten dinilai banyak menyimpan wisata hits di kalangan anak muda.

      Rumah Warga Gesi Sragen Ludes Terbakar Saat Ditinggal Kondangan

      Rumah milik Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, ludes terbakar saat ditinggal kondangan pada Minggu (25/9/2022).

      Harga Cabai dan Telur Turun, Pasar Tradisional di Klaten Malah Sepi Pembeli

      Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar darurat Pasar Gede Klaten relatif stabil dan ada yang turun.

      7 Pasangan Bercerai di Sragen Setiap Hari, Salah Satu Penyebabnya Kawin Paksa

      Pengadilan Agama (PA) Sragen menerima 2.740 perkara perceraian selama kurun waktu satu tahun pada 2021. Lebih dari separuhnya atau 62,19% merupakan perkara cerai gugat.

      Besok Jembatan Mojo dan Jurug B Sama-Sama Ditutup, Dishub Solo: Naik KRL Saja

      Dishub Solo menyarankan warga yang tidak ingin terjebak macet untuk beralih menggunakan KRL commuterline Solo-Jogja-Palur selama Jembatan Jurug B-Mojo ditutup.

      Unik! Wisata Spiritual Bernuansa Jepang di Museum Sewu Rai Wonogiri

      Museum di Wonogiri ini menyuguhkan hal yang berbeda dengan museum lainnya, yaitu di dalam museum terdapat wisata spiritual.

      HUT Ke-17 Himpaudi Klaten, 1.200 Peserta Ikuti Senam Kolosal dan Pentas Seni

      Sebanyak 1.200 peserta mengikuti senam kolosal dan pentas seni di Lapangan Taman Candi Sojiwan, Prambanan, Klaten, Sabtu (24/9/2022).

      Selamat! Inilah Para Juara Lomba Mewarnai dan Menggambar HUT Ke-25 Solopos

      Enam peserta terpilih menjadi juara lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group, Minggu (25/9/2022) di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. 

      Perdana CFD Colomadu, Masih Banyak Pengendara Motor Curi-curi Kesempatan

      Masih banyak pengendara motor nekat melintas di area bebas kendaraan bermotor pada gelaran perdana CFD Jl. Adisucipto di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/9/2022).

      Ada CFD di Colomadu, CFD Slamet Riyadi Solo Tetap Ramai dan Banyak Event

      Penyelenggaraan CFD untuk kali pertama di Jl Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, Minggu (25/9/2022), belum banyak berpengaruh pada CFD di Jl Slamet Riyadi, Solo.